oleh

Pemerintah Izinkan Gunakan 100% Kapasitas Gereja untuk Natal Tahun Ini

Graha Nusantara, Jakarta – Natal tak lama lagi akan datang. Kegiatan saat Natal yang dilakukan saat Natal salah satunya adalah pergi ke gereja. Pada tahun ini, pemerintah mengizinkan penggunaan gereja full kapasitas atau gereja dapat digunakan 100% kapasitasnya.

“Untuk kegiatan keagamaan tidak dibatasi jumlahnya, jadi 100% boleh digunakan, tidak ada pengurangan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Rayz UMM Hotel, Malang, Jawa Timur, Jumat (16/12) malam.

Pada tahun sebelumnya,pemerintah hanya mengizinkan penggunaan kapasitas gereja sebesar 40% dan pada tahun 2020 kapasitas yang dapat digunakan bahkan lebih kecil yaitu hanya sebesar 20%. Pada tahun ini, kebijakan pembatasan tak akan berlaku lantaran kurva pandemi Covid-19 yang terus melandai.

“Tapi dianjurkan untuk tidak perlu menambah kapasitas, misalnya menambah tenda. Jadi diupayakan ya gedung yang ada itu digunakan semaksimal mungkin,” ujar Muhadjir.

Namun demikian, kurva melandai tidak berarti pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung kini telah usai. Melandainya kurva pandemic Covid-19 dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga pernyataan pandemi telah usai tak dapat digunakan.

“Belum, tetapi kan sudah landai sekali, angka kematiannya rendah sekali, kemudian okupansi rumah sakit juga rendah, sehingga kita percaya diri lah untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2022-2023 ini akan kita lakukan semeriah mungkin,” ujar Muhadjir.

Komentar