oleh

Peringati Hari Nusantara 2022, Pelinus Balinal: Pembangunan Kelautan Juga Perlu Ditingkatkan!

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Hari Nusantara adalah hari besar nasional yang diperingati, salah satunya, sebagai upaya penegasan bahwa Indonesia merupakan negara maritim atau negara kepulauan, di mana laut kita terhampar begitu luas dengan aneka ragam kekayaan.

Dalam semangat yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Puncak Papua Pelinus Balinal menyinggung perihal pembangunan kelatuan yang menurutnya juga perlu ditingkat dan mendapat perhatian yang serius.

Sebagai negara kepulauan, di mana antar pulau yang ada di Indonesia, terhubung melalui laut yang memiliki potensi tinggi dari berbagai aspek, harus didorong agar mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, tentu saja dengan pertimbangan ekologi yang matang.

“Mengingat laut kita begitu kaya dan indah, sudah semestinya potensi pembangunan kelautan harus juga diperhatikan dan didorong agar lebih optimal. Hari Nusantara sejatinya ingin mengajak kita kembali mengingat bahwa negara ini adalah negara maritim dan negara kepulauan. Kita harus mampu memanfaatkan potensi tersebut sebijak mungkin,” tutur Pelinus, Selasa (13/12/2022).

Tema Hari Nusantara kali ini, yaitu “Peningkatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit Lebih Kuat”, bagi Pelinus sudah sangat tepat untuk menunjukkan bahwa potensi kelautan kita sangat mampu untuk membuat Indonesia lebih maju.

Dia melanjutkan, potensi ini hanya membutuhkan kebijakan serta tata kelola yang tepat agar mampu dijadikan pijakan bagi kemajuan Indonesia di masa mendatang.

“Saya percaya bahwa potensi kelautan kita lebih melimpah dari negara mana pun. Dari Sabang hingga Merauke, laut kita indah dan menyimpan ragam potensi yang begitu kaya. Untuk itu, penekanan agar pembangunan kelautan ini didorong supaya lebih meningkat, adalah saran yang menurut saya relevan jika kita mengingat fakta-fakta tersebut,” tandas Pelinus.

Komentar