oleh

Pelinus Balinal Dukung Langkah Binmas Noken Damai Cartenz Gandeng Tokoh Adat Demi Jaga Persatuan

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Wakil Bupati Kabupaten Puncak Papua Pelinus Balinal memberikan apresiasinya kepada segenap personel Binmas Noken Damai Cartenz yang terus turut andil dalam upaya membangun persatuan di Kabupaten Puncak Papua.

Kali ini, langkah Binmas Noken Damai Cartenz yaitu dengan mengandeng tokoh-tokoh adat di seluruh Kabupaten Puncak Papua, dinilai tepat untuk memanfaatkan seluruh elemen demi tercapainya persatuan, serta untuk merajut kedekatan antara TNI/Polri dan masyarakat.

Pelinus menilai, langkah ini harus dilaksanakan secara kontinyu, mengingat kondisi Kabupaten Puncak Papua yang relatif rentan terhadap konflik. Peran TNI/Polri dengan begitu menjadi sentral untuk menciptakan kondusifitas di Kabupaten Puncak Papua.

“Saya mengapresiasi penuh langkah Binmas Noken Damai Cartenz dalam upayanya membantu kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam membangun persatuan, perdamaian, dan keamanan di Kabupaten Puncak Papua. Apalagi Binmas Noken Damai Cartenz juga turut menyertakan tokoh-tokoh adat dalam upaya tersebut. Ini tentunya langkah yang wajib didukung,” ucap Pelinus, Rabu (07/12/2022).

Lebih lanjut Pelinus juga mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan tindakan preventif terhadap segala bentuk konflik yang mengancam keamanan di Kabupaten Puncak Papua.

Dengan keikutsertaan para tokoh-tokoh adat, maka gangguan yang kemungkinan dapat memicu konflik, bisa langsung dideteksi dan diredam dengan memanfaat peran tokoh-tokoh adat.

Mereka juga bisa langsung berkomunikasi dengan pihak TNI/Polri jika ada sesuatu hal, atau bahkan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

“Langkah ini juga termasuk tindakan preventif guna menghalau potensi konflik di Kabupaten Puncak Papua. Sinergi antara para tokoh adat dengan aparat keamanan yang bertugas di sini, diharapkan mampu menghalau Kabupaten Puncak Papua dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” tandasnya.

Komentar