oleh

Pelinus Balinal Sambut Harapan Wapres Majukan Kesejahteraan Papua

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Dalam peringatan Hari Otonomi Khusus (Otsus) di Papua pada tanggal 21 November lalu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak seluruh pemangku jabatan di Papua untuk saling menguatkan kolaborasi dan koordinasi demi Papua yang lebih baik.

Menyambut instruksi tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Puncak Papua Pelinus Balinal mengaku bangga dengan hadirnya Wapres di Papua. Pelinus juga sangat mendukung ajakan Wapres untuk memperkuat sinkronisasi, harmonisasi, dan koordinasi dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat.

Pelinus menambahkan, pesan Wapres ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Pusat dalam membangun kesejahteraan Papua. Untuk itu, pesan ini harus bersama-sama diupayakan agar sepenuhnya terealisasi.

“Dalam kunjungannya, Wapres telah memberikan pesan kepada kita, utamanya bagi para pemangku jabatan di Papua, baik dalam tingkat kabupaten, provinsi, bahkan di daerah, agar bersama-sama saling mempererat kolaborasi, sinkronisasi, serta harmonisasi kinerja untuk membangun kesejahteraan di Papua,” tutur Pelinus, Kamis (1/12/2022)

Di kesempatan yang sama, Pelinus juga menekankan bahwa sebagai sebuah daerah dengan sistem ontonom, kesinambungan dalam hal kinerja dan tujuan menjadi penting. Hal ini agar apa yang menjadi tujuan bersama, yakni kesejahteraan di Papua, bisa diraih dan diberikan kepada masyarakat.

Tujuan tersebut, lanjutnya, hanya mungkin dicapai jika koordinasi tiap-tiap daerah bisa terbangun dengan baik. Untuk itu, relevansi pesan yang disampaikan oleh Wapres menjadi sangat urgen untuk dicermati dan direalisasikan.

“Pesan Wapres ini sangat penting, utamanya bagi Papua sebagai sebuah daerah dengan sistem otsus. Kita harus membangun koordinasi kinerja yang lebih baik lagi, sehingga kita dapat bahu membahu dalam membangun Papua ke depan, ke arah yang lebih baik lagi,” tandasnya.

Komentar