Akhiri Tujuh Tahun Konflik Antar Suku di Mimika, Pelinus Balinal Imbau Masyarakat Pulang ke Kampung Masing-Masing

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Wakil Bupati Puncak Papua Pelinus Balinal secara resmi menutup kegiatan perdamaian yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Puncak Papua guna menyelesaikan konflik antar suku yang terjadi selama tujuh tahun terakhir di Mimika.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat dari berbagai suku yang ada di Mimika. Pemkab Puncak Papua selaku penyelenggara, menyebut bahwa kegiatan ini telah membawa kesepakatan damai dari suku-suku yang sebelumnya tengah bertikai.

Pelinus menambahkan bahwa pihaknya berharap agar masyarakat segera pulang ke kampung masing-masing setelah kegiatan ini berakhir. Dia menuturkan bahwa kegiatan perdamaian ini jangan hanya menjadi ajang seremonial, tetapi harus betul-betul menjadi momentum yang dapat mengakhiri konflik.

“Saya mewakili Pemkab Puncak Papua ingin menegaskan agar masyarakat yang terdiri dari berbagai suku ini, segera pulang ke kampung masing-masing. Dengan pertemuan ini, mari kita akhiri segala konflik yang ada. Mulai kembali sejarah baru, dengan saling bergotong-royong,” ucap Pelinus kepada wartawan, Sabtu (29/10).

Lebih lanjut, Pelinus juga sangat mengapresiasi masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, pihak penyelenggara, serta TNI/Polri yang telah turut menyukseskan kegiatan ini.

Menurutnya, setiap pihak yang berkontribusi dalam upaya membangun perdamaian di Kabupaten Puncak Papu ini, telah sungguh-sungguh untuk terus menjaga dan merajut perdamaian di tengah-tengah masyarakat.

Dia yakin bahwa jika setiap elemen dalam masyarakat turut aktif dalam menyongsong perdamaian, maka segala konflik yang ada di tanah Puncak Papua, bisa segera teratasi.

“Kemudian saya juga mengapresiasi kinerja Pemda di Mimika, TNI/Polri, serta masyarakat dari berbagai suku yang telah membuat kegiatan ini berjalan lancar. Terima kasih karena telah turut membantu upaya Pemkab Puncak Papua dalam merajut perdamaian, dan membangun masyarakat Puncak yang sejahtera,” tandasnya.

Komentar