oleh

Di Tengah Wabah Corona, Persiapan Ibukota Baru Jalan Terus

Graha Nusantara – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan persiapan pemindahan ibu kota baru terus berjalan di tengah sentimen pandemi virus corona.

Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Luhut, Jodi Mahardi, bahwa sampai saat ini kementerian keuangan terus berkomunikasi dengan investor terkait pemindahan ibu kota.

Baca Juga: Ahmad Yurianto Ungkap 80% Pasien COVID-19 di Indonesia Tanpa Keluhan

“Saat ini pemindahan ibu kota masih on track. Kami dan Kementerian BUMN serta Kementerian Keuangan terus berkomunikasi dengan investor dan mitra join venture untuk pemindahan ibu kota,” kata Jodi dalam rekaman video, Rabu, 25 Maret 2020.

Jodi juga  mengatakan, bahwa sejumlah kementerian terus menggodok opsi-opsi terkait pembangunan ibu kota baru bersama dewan penasihat. jika telah matang, opsi itu akan diputuskan secara bersama-sama.

Selain Jodi,  Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Danis Sumadilaga pada pekan lalu juga mengatakan bahwa saat ini kementeriannya terus menyipakan pemindahan ibu kota di tengah pandemi corona. Persiapan itu meliputi penyusunan desain urban yang ditargetkan tuntas pada medio tahun 2020.

Baca Juga: Mayjen Eko Margiyono Sebut Pasien Positif Corona di Jakarta Bisa Capai 8000

“Kami masih terus jalan (dalam menyusun urban desain). Mudah-mudahan terus sesuai jadwal,” katanya pada pekan lalu.

Di samping perancangan konsep, pemerintah sedang menyiapkan terbentuknya Badan Otorita Ibu Kota Baru. Seperti yang di sampaikan oleh Jokowi pada bulan lalu, bahwa dirinya telah mengantongi setidaknya empat nama sebagai calon kepala badan. (gn)

Sumber: Demokrasi.co.id