DKI Kehabisan Stok Vaksin COVID-19, Penyuntikan Dihentikan Sementara

Graha Nusantara, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa pada saat ini stok vaksin virus Corona (COVID-19) di DKI sedang habis. Kementerian Kesehatan menuturkan akan berusaha untuk kembali mengadakan stok vaksin ini.

“Program vaksinasi tidak ditunda. Kemenkes terus melakukan upaya dengan relokasi dari stok vaksin yang masih banyak,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Siti Nadia Tarmizi pada Jumat (21/10/2022).

Usaha mencari vaksin dari wilayah lain terus dilakukan untuk memenuhi ketersediaan vaksin. Tak hanya itu, saat ini Pemprov juga sedang menunggu vaksin produksi dalam negeri dan kiriman dari luar negeri.

“Sambil menunggu produksi dalam negeri dan kedatangan dari COVAX minggu ini,” tuturnya.

Pengiriman untuk memenuhi stok vaksin tak hanya untuk Jakarta. ‘Semua provinsi,’ ujar Siti.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta menginformasikan kekosongan stok vaksin Corona atau COVID-19 di Ibu Kota melalui media sosial serta menyampaikan bahwa saat ini sedang menunggu vaksin dari Kementerian Kesehatan RI.

“Hikss, maaf ya, saat ini kuota vaksinasi COVID-19 masuk kosong,” tulis akun Instagram Aplikasi Jakarta Kini, @jakisuperapp.

“Tenang, kalo ada info dari Kementerian Kesehatan RI, nanti JAKI spill,” sambungnya.

Tak adanya stok vaksin ini juga membuat layanan penyuntikan vaksin pun ditutup sementara.

“Mohon maaf sebelumnya, saat ini Pelayanan Vaksin COVID-19 ditutup sementara karena ketidaktersediaan vaksin,” tulis Pemprov DKI.

Pemprov pun meminta masyarakat untuk terus melakukan pengecekan ketersedian stok vaksin COVID-19 ini secara berkala pada website corona.jakarta.go.id.

“Terkait informasi ketersediaan kuota vaksin terbaru, mohon untuk melakukan pengecekan secara berkala pada corona.jakarta.go.id,” demikian penjelasan Pemprov DKI.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menginformasikan stok vaksin COVID-19 yang ada mulai menipis. DKI pun sedang menunggu distribusi vaksin dari Kemenkes.

“Vaksinasi COVID masih berjalan, memang kita sekarang sedang shortage (kurang) untuk vaksinnya. Kita juga sama-sama nunggu dapat distribusi vaksin lagi dari Kemenkes,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia pada Jumat (21/10).

Komentar