Ikatan Alumni PGMI FITK UIN SU dan Yayasan Insan Cipta Medan Gelar Seminar Nasional Pemimpin Muda Pemimpin Bangsa Pemimpian Masa Depan

Grahanusantara.co.id, Medan – Ikatan Alumni PGMI FITK UIN SU Medan bekerja sama dengan Yayasan Insan Cipta Medan (YICM) menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Pemimpin Muda Pemimpin Bangsa Pemimpian Masa Depan, Rabu 05/10/22.

Pada kesempatan itu hadir narasumber Dr. Khairina Siregar, MA, M.Psi, CH, CHT, NNLP, CIIAQ, Dr. Sutarto, M.Psi, Adelina Pinem, M.Sc. dan Keynote Speaker Dr. H. Nispul Khoir, serta di moderatori Toni, Nasution, M.Pd.

“Masa kini, era global memunculkan proses
terjadinya tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak lagi mengenal batas wilayah. Sehingga suatu negara tidak dapat mengisolasi diri dari pergaulan budaya luar. Globalisasi memberikan dampak yang besar bagi tatanan kehidupan manusia, baik dampak positif maupun negatif. Dampak inilah yang menjadi tantangan
kepemimpinan bangsa di masa kini dan ke
depannya,” ujar Sutarto yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara.

Selanjutnya Dr. Khairina lebih menerangkan bagaimana memahami potensi diri agar bisa menumbuhkan dan membangkitkan jiwa kepemimpinan.

“Fitrah manusia baik, suci dan bersih. Namun, aktualisasi potensi itu tergantung pada lingkungan, termasuk orang tua, media, teman,” terangnya.

Sedangkan Toni sebagai moderator menyimpulkan bahwa kedepan generasi muda sebagai pemimpin masa depan harus lebih siap bersaing sejak dini sebelum sampai ke generasi emas tahun 2040 di bonus demografi.

Pada acara seminar itu mahasiswa sebagai peserta sangat antusias dalam mengikutinya, peserta yang ikut dari berbagai jurusan ada dari FKM, FDK, Febi dan FITK UIN SU. Jumlah peserta yang hadir mencapai 1.200 mahasiswa.

Komentar