Resmi! NasDem Deklarasikan Anies Jadi Capres

Graha Nusantara, Jakarta – Surya Paloh yang merupakan Ketua Umum Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang. Deklarasi ini dilakukan pada hari ini, Senin, 3 Oktober 2022 di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat.

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat,” ujar Surya Paloh.

Anies menghadiri langsung acara deklarasi ini. Anies hadir dengan pakaian rapi yaitu paduan jas hitam, kemeja putih serta dasi hitam. Dirinya tiba di NasDem Tower pada sekitar pukul 09.00.

Pada saat tiba Gubernur DKI Jakarta ini tak memberikan penyataan apapun melainkan hanya mengajungkan jempolnya ketika awak media meminta tanggapan dirinya terkait pendeklarasian ini.

Pendeklarasian Anies menjadi Capres untuk Pilpres 2024 mendatang menggugurkan dua nama yang sebelumnya digadang-gadang menjadi bakal capres usungan NasDem yaitu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

hanya memiliki 59 kursi atau kurang lebih 9,05 persen dari total kursi DPR membuat NasDem tak memenuhi syarat pengusungan calon presiden dan calon wakil presiden karena presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden) adalah memiliki 20 persen paling sedikit dari jumlah kursi di DPR.

Mengakali hal tersebut. NasDem berencana membangun sebuah koalisi dengan partai lainnya yaitu Partai Demokrat dan PKS.

Komentar