Jarang Diketahui, Kesalahan-Kesalahan dalam Mengendarai Sepeda Motor Matic

Motor Matic adalah pilihan tipe kendaraan yang cocok bagi kalian para pengendara motor yang suka “santai,” tapi yang harus kalian tahu merawat motor matic tidaklah semudah yang dibayangkan. Kerusakan yang terjadi seringkali membuat bingung para pengendara, seperti kerusakan penggerak motor (Continous Variable Transmission atau CVT).

Maka dari itu mengetahui kesalahan dalam mengendarai sepeda motor matic kalian menjadi sebuah hal yang penting, agar performa mesin tetap optimal dan anti mogok. Ulasan kali ini akan membahas tentang, faktor-faktor kesalahan dalam penggunaan motor matic:

Gas dan Rem

Menggunakan motor matic tidak bisa langsung gas pada RPM tinggi dan rem mendadak, pasalnya bisa membuat beberapa bagian komponen cepat haus. Sistem kerja sewaktu motor digas, kampas kopling menjepit bagian rumah kopling supaya berjalan. Kondisi tersebut menjadikan rumah kopling langsung menuju as roda jadi mengakibatkan roda dapat berputar dan sewaktu direm pada rumah kopling juga ikut berhenti juga,

Pada saat gas berada di RPM tinggi dan melakukan pengereman, rumah kopling dipaksa supaya berhenti akan mengakibatkan gesekan yang berlebih dan semakin lama akan menimbulkan panas secara tak wajar. Part yang usianya lebih pendek yakni kampas kopling ganda, rumah kopling ganda serta roller yang tidak rata.

RPM Tinggi Saat Jalur Menanjak

Jalur seperti ini menjadikan posisi motor melawan gravitasi, dalam keadaan ini seharusnya kalian buka gas menggunakan cara bertahap agar memperoleh tenaga yang maksimal atau biasa kalian kenal urut gas.

Menarik Gas Sambil Menggunakan Rem

Pengguna motor matic tentunya sering melakukan hal tersebut saat dalam kondisi macet, padahal penggunaan seperti ini membuat kampas kopling menjadi cepat habis.

Penggunaan Rem Belakang

Kalian tentunya harus memahami cara penggunaan rem yang benar saat dijalan, dalam kondisi jalan menurut ada baiknya kalian lebih memprioritaskan rem depan untuk menahan daya dorong motor dan diimbangi oleh rem belakang.

Penggantian komponen

Oli gardan, filter udara dan busi menjadi bagian penting, terlebih saat melakukan perawatan bagian ini wajib ikut dicek. Kalian bisa melihat kembali buku panduan kendaraan agar tidak terlalu lama dalam mengganti komponenn ini.

CVT Motor

Seperti yang sudah diulas diawal artikel, bahwa CVT menjadi sistem penggerak dari motor skutik, oleh karena itu komponen ini tidak bisa rusak sedikit. Pasalnya perfoma motor akan menjadi lemah dan otomatis motor menjadi boros.