oleh

Yuk Perhatikan Kondisi Aki Mobil Kalian, Begini Ulasannya

Aki merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki sebuah mobil, tanpa adanya aki tentu dampak yang terjadi adalah mobil akan susah dihidupkan, kerusakan-kerusakan aki mobil bisa disebabkan banyak factor, yang paling sering terjadi adalah aki kehabisan daya listriknya.

Rencana perjalanan bisa saja terjadi akibat mobil tidak hidup atau mogok. Maka dari itu, memeriksa kondisi mobil khususnya dalam artikel ini adalah aki menjadi sebuah hal penting.

Ada tiga cara mudah yang dapat dilakukan pengendara mobil untuk mengetahui kondisi kesehatan aki kendaraannya. Berikut ulasannya:

1. Mesin susah hidup

Aki yang ngadat membuat bunyi ‘cetak-cetek’ saat kunci mobil diputar ke posisi start, bahkan pada kondisi terburuk tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar. Pada kondisi aki normal, listrik dari aki akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

2. Perhatikan lampu peringatan di dasbor

Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati.

3. Suara klakson melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali.

Jika sudah melakukan ketiga hal tersebut, dapat dipastikan bahwa salah satu penyebab terbesar mobil ogah nyala karena baterai atau akinya sudah lemah. Agar mobil hidup, dapat dilakukan dengan cara memancing (jumper) aki yang lemah tadi untuk kondisi darurat.

Jika dengan cara jumper arus aki tidak berhasil, maka jalan terbaik adalah dengan mengganti aki dengan yang baru.