Menkes: 13 Persen dari Penduduk Indonesia Diabetes

Graha Nusantara, Jakarta – Penderita penyakit diabetes di Indonesia naik dari tahun ke tahun. Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa 13% penduduk Indonesia mengidap penyakit diabetes. Makanan dan minuman dengan kadar tinggi menjadi penyebab dari timbulnya penyakit ini.

“Memang diabetes di Indonesia tuh naik tinggi dari tahun ke tahun. Terakhir apa yang saya lihat 13 persen dari penduduk Indonesia itu diabetes,” ujar Budi kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Budi mengungkapkan jika penyakit diabetes merupakan induk dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan jika seseorang mengidap penyakit ini maka penyakit-penyakit lainnya akan timbul.

“Diabetes ini adalah mother of all diseases, orang bilang. Jadi kalau diabetesnya lama dia bisa menjadi penyebab penyakit ginjal, cuci darah, stroke, jantung, dan banyak penyakit tidak menular lainnya,” ujar Budi.

Budi mengingatkan masyarakat agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kadar gulanya. Dirinya juga meminta masyarakat agar mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi.

“Ya kita mesti hati-hati karena kalau enggak, nanti 5 sampai 10 tahun lagi orang Indonesia akan banyak yang kena penyakit-penyakit turunan dari diabetes,” tutur Budi.

“Jadi kalau saya bilang secara umum memang harus dikurangi, konsumsi gula. Rakyat Indonesia tuh berlebihan minum gula in whatever way,” sambungnya.

Budi menuturkan jika pemerintah telah mengatur pencantuman kadar gula pada minuman sesuai dengan Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak Serta Pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji.

“Tentunya aturan-aturan ini sudah ada, tinggal ini bukan hanya Kementerian Kesehatan, tapi juga sektor lainnya terkait hal ini. Jadi memang bahwa gula garam lemak itu harus diatur. Tinggal edukasi kepada masyarakatnya juga,” sambungnya.

Komentar