oleh

Jubir Khusus Corona: Hanya Orang Beresiko yang Akan Di Screening Test

Graha Nusantara – Ahmad Yurianto selaku Juru bicara (Jubir) pemerintah khusus Covid-19 menyampaikan, hanya orang-orang beresiko saja yang akan di screening test.

“Melakukan screening test pemeriksaan secara massal pada kelompok-kelompok berisiko, sebagai contoh manakala ada kasus positif yang dirawat di rumah sakit, kami akan melakukan penelusuran terhadap keluarganya dan seluruh keluarganya akan dilakukan screening test,” ujar dr Yuri saat melakukan konferensi pers di BNPB, Minggu (22/3/20).

Keluarga, rekan kerja, dan orang-orang yang melakukan kontak fisik dengan pasien positif Corona yang akan dilakukan screening test. Alat skrining tes yang sudah siap per hari Minggu (22/3/2020) sebanyak 150 ribu.

Alat tersebut kini sudah sampai di Natuna, dan sedang proses menuju ke Jakarta. “150 ribu kit test ini hari ini sudah berada di tanah air yang kemaren dijemput dengan pesawat hercules ke China, sedang transit di Natuna tidak berapa lama lagi akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta,” ungkapnya.

“Tidak bisa semua bisa dites. Ini yang harus di-clearkan, banyak yang bilang sama saya kapan bisa dites. Semua minta di tes, karena menganggap semua kaya disensus. Jawabannya tidak, karena ada screening dan kriteria. Sehingga polanya ketahuan dan penyebarannya ke mana untuk menekan kurvanya.”