Sakit di Lidah, Yuk Kita Kenali Penyakit-Penyakitnya

Sakit di bawah lidah, kadang kala membuat ketidaknyamanan ketika kita sedang makan atau berbcara bahkan menelan air liur. Keluhan seperti ini, dapat menjadi sebuah pertanda gejala beberapa penyakit.

Dalam artikel kali ini, penulis merangkum beberapa penyakit dengan ciri-cirinya agar kalian dapat mengindentifikasi sendiri, penyakit apa yang sedang kalian derita. Seperti yang dikuti dari alodokter.com, beberapa penyakit yang mungkin muncul dengan gejala benjolan di bawah lidah, sebagai berikut:

  • Ranula
    Ranula adalah kista yang timbul akibat kelenjar air liur yang tersumbat di mulut. Kista tersebut tumbuh sebagai benjolan di bawah lidah atau di dasar mulut. Ukuran dari benjolan ini berbeda-beda. Ada yang kecil dan tidak membesar, ada juga yang awalnya kecil lalu lama-lama menjadi besar, umumnya tidak menimbulkan nyeri.Warna kista bisa tampak bening atau kebiruan. Kadang-kadang ranula bisa menyebabkan kesulitan menelan atau bicara. Penanganan ranula ditentukan sesuai dengan ukurannya, dokter mungkin melakukan sayatan untuk mengeluarkan cairan kista untuk mengempiskannya, atau menyarankan tindakan pembedahan.
  • Sialolitiasis
    Sialolitiasis atau yang dikenal sebagai batu kelenjar air liur, dapat menyebabkan pembengkakan pada area kelenjar liur, umumnya terjadi di dasar mulut (kelenjar submandibular). Selain itu juga dapat mengenai kelenjar liur pada area pipi bagian dalam (kelenjar parotid), dan bawah lidah (kelenjar sublingual).Jika ukuran batu masih kecil, maka dokter gigi dapat membantu mengeluarkannya dengan sedikit dorongan. Namun untuk batu yang berukuran cukup besar, dokter perlu membuat sayatan untuk mengeluarkannya.
  • Kanker kelenjar air liur
    Kelenjar air liur berjumlah ratusan dan terdapat di seluruh rongga mulut, hidung, dan tenggorokan. Meski kanker ini paling umum ditemukan pada kelenjar liur di area pipi (kelenjar parotid), kangker kelenjar air liur juga dapat terjadi pada kelenjar submandibular (dasar mulut) dan sublingual (bawah lidah). Penanganan yang diberikan bisa berupa kemoterapi, radioterapi, atau pembedahan, tergantung pada seberapa jauh perjalanan penyakit dan penyebaran sel kanker.
  • Kanker Lidah
    Kemungkinan lain ketika muncul benjolan di bawah lidah adalah adanya kangker lidah. Selain di bawah lidah, kanker lidah juga bisa muncul pada bagian pangkal (sepertiga lidah bagian belakang) dan lidah bagian depan.Kanker lidah biasanya terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh pria daripada wanita. Orang-orang yang berisiko terkena penyakit ini adalah yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman keras.

Sebenarnya kanker pada bagian bawah lidah lebih jarang terjadi. Namun, ketika bagian tersebut mengalami kanker, biasanya akan lebih agresif dibandingkan kanker pada lidah bagian lain. Kanker lidah mungkin ditangani menggunakan kombinasi radioterapi dengan kemoterapi, maupun pembedahan.

Penulis tetap anjurkan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit atau puskesmas terdekat agar mendapatkan penanganan medis yang sesuai, serta tidak berdampak berkelanjutan.