oleh

Per Tanggal 19 Maret DKI Jakarta Ditutup, Kominfo Pastikan Ini Berita Hoaks

Graha Nusantara – Tidak sedikit berita bohong atau hoaks bermunculan khususnya dalam isu-isu Covid-19. Diinformasikan oleh Kominfo ada 232 berita hoaks tersebar, termasuk tentang penutupan akses di DKI Jakarta per tangal 19 Maret 2020.

Kominfo memastikan bahwa, berita dampak dari wabah corona, warga DKI Jakarta dilarang berpergian keluar rumah dan menutup beberapa ruas jalan karena akan dilakukan penyemprotan disinfektan mengatasnamakan Kominfo ini adalah berita yang tidak benar.

Beikut adalah penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam menanggapi berita bohong tersebut :

Beredar sebuah informasi di media sosial yang mencantumkan website kominfo memberikan himbauan bahwa seluruh warga DKI Jakarta pada tanggal 19 Maret 2020 pukul 14.30 s/d 22.00 wib, dilarang untuk berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan roda 2 (dua) dan berjalan kaki. Dikarenakan akan ada pencegahan CONVID-19 dengan penyemprotan disinfektan dosis tingkat 1 melalui udara yang dapat menyebabkan alergi pada kulit dan gangguan pernafasan.

Faktanya, lt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu  mengatakan bahwa konten tersebut tidak benar atau hoaks. Kementerian Kominfo tidak pernah mengeluarkan himbauan seperti informasi yang beredar tersebut.