IPM Tangsel Tertinggi di Banten, Akademisi UIN Jakarta: Responsifitas Pemkot dan Dukungan Publik Tinggi

Graha Nusantara, Tangerang Selatan – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Luthfi Hasanal Bolqiah menyoroti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tangerang Selatan. Menurutnya, IPM di Tangsel menunjukan prestasi yang sangat baik, bahkan bisa disebut sangat tinggi, dengan angka di atas 80. Sebagai kota termuda di Banten, Tangsel berhasil mengalahkan kabupaten/kota yang lain.

“Data BPS menunjukan, IPM Kota Tangsel tertinggi se-Banten, mencapai 81,60. Bahkan, angka ini jauh di atas rata-rata IPM Banten yang hanya 72,72. Memang tahun sebelumnya agak sedikit volatil (naik-turun) karena pengaruh pandemi. Tapi setelah itu, Kota Tangsel kembali naik tinggi,” ungkap Luthfi saat ditemui di kampus yang berada di Ciputat tersebut, Senin (5/9/2022).

Dosen lulusan Magister UI ini pun menilai tingginya angka IPM di Tangsel merupakan buah dari kerja keras Pemerintah Kota yang dinahkodai Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan. Selain itu, Luthfi juga menyebut adanya dukungan publik Tangsel semakin menguat.

“Saya pikir angka ini menunjukan bahwa setiap komponen Pemkot memiliki respon yang tinggi dalam memulihkan pembangunan di Kota Tangsel. Tentu ditambah denga dukungan warga Tangsel ke Ben-Pilar yang makin membesar,” ungkapnya lagi.

Indikator IPM, lanjut Luthfi meliputi sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Menurutnya, pembangunan pada sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi di Tangsel sangat baik dibandingkan dengan di daerah lainnya. Semua prasyarat tersebut ada di Tangsel.

“IPM dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pemerintah daerah dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. Dengan SDM yang dimiliki Tangsel, Ben-Pilar akan terus membawa daerah ini terbang tinggi,” ujarnya.

Ketika ditanya apa yang harus dilakukan ke depan, dia mengatakan apa sudah dilakukan harus dilanjutkan.

“Tangsel sudah on the right track, harus dilanjutkan. Tantangan ke depan, tekan angka kemiskinan dan pengangguran. Saya yakin seiring tingginya IPM, dua hal tadi akan bisa dituntaskan oleh Benyamin-Pilar. Dukungan dari masyarakat dan pihak swasta akan mengakselerasi semua bidang, termasuk ekonomi,” pungkas dia. (Adv)

Komentar