Peringati Hari Palang Merah Indonesia 2022, Pelinus Balinal: Panjang Umur Kemanusiaan!

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Wakil Bupati Kabupaten Puncak Pelinus Balinal sebut organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai salah satu contoh lembaga yang begitu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Hal ini ia sampaikan ketika memperingati Hari Palang Merah Indonesia yang ke-77. Dalam momen itu dia memberikan keterangan bahwa dirinya begitu mendorong agar organisasi ini terus tumbuh dan berkembang.

Sebab bagi Pelinus, sudah semestinya organisasi atau lembaga yang bergerak dalam upaya penegakan nilai-nilai kemanusiaan harus didukung dan dirawat bersama. Sehingga dapat menjadi contoh bagi organisasi atau lembaga yang lainnya.

“Selamat memasuki usia yang ke-77 bagi Palang Merah Indonesia. Semoga PMI terus tumbuh sebagai organisasi yang menyerukan nilai-nilai kemanusiaan. PMI harus menjadi contoh bagi organisasi lain dalam konteks pengutamaan nilai-nilai kemanusiaan. PMI harus menjadi cermin bagi lembaga lain,” tutur Pelinus saat memberikan keterangan, Sabtu (02/09/2022).

Sejak ditetapkannya organisasi PMI oleh presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada 03 September 1945, sudah tak terhitung jasa yang ditorehkan oleh PMI kepada masyarakat Indonesia.

PMI tak pernah absen dalam kondisi darurat yang menyulitkan masyarakat. Entah darurat akibat bencana alam, atau akibat ulah tangan manusia seperti konflik, perang, atau kondisi darurat lainnya.

Bagi Pelinus, jasa serta peran yang lahir dari pengabdian PMI jelas tidak bisa diganjar dengan apa pun. Jasa itu terlalu besar untuk dapat dibalas. Oleh karena itu, menurutnya untuk membalas pengabdian tersebut, hal yang paling mungkin dilakukan oleh kita adalah dengan mendukung dan merawat PMI supaya tetap eksis dan semakin baik.

“Setelah memasuki usia yang ke-77 ini, saya berharap agar PMI tetap tumbuh dan lebih baik lagi ke depannya. Saya mewakili pihak pemerintah Kabupaten Puncak serta masyarakat juga memiliki tanggungjawab untuk menjaga dan merawat organisasi ini. Tak ada tawar menawar bagi setiap upaya penegakan kemanusiaan. Panjang umur kemanusiaan!” tandasnya.

Komentar