Papua Football Academy Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi

Graha Nusantara, Kabupaten Jayapura – Papua Football Academy (PFA) resmi diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Acara peluncuran dilakukan pada hari ini Rabu, 31 Agustus 2022 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pendirian akademi futsal di tanah Papua bukanlah alasan. Sederet altet berbakat merupakan kelahiran Papua seperti Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.

“Ingin seperti mereka, legenda-legenda ini? Jalannya sudah ada, di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy,” ujar Jokowi.

Presiden yang telah menjabat selama dua periode ini meminta komitmen PT Freeport untuk pembangunan SDM di Tanah Papua. Selain itu, salah satu permintaan Jokowi lainnya adalah pembangunan akademi sepak bola di Papua. Hal ini Presiden sampaikan pada saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021.

“Saya minta komitmen PT Freeport untuk pembangunan SDM di Tanah Papua, dan saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola. Dan, hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” jelasnya.

Presiden berharap anak-anak dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh ilmu pada bidang sepak bola dengan adanya Papua Football Academy.

“Oleh sebab itu, saya harap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepak bola ini,” ujar Presiden.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas melaporkan sebanyak 30 peserta telah lolos seleksi. 30 orang ini adalah mereka yang terpilih dari 477 anak yang diseleksi.

“Tidak hanya sepak bola, disiapkan juga pendidikan formalnya, sehingga tetap sekolah yang kita harapkan nanti ini akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat, yang kompetitif, yang sportif tapi juga pandai dan pintar,” tutup Presiden.

Selesai memberikan sambutannya, acara berlanjut dengan pemukulan tifa oleh Jokowi serta ditandatanganinya buku roadmap sebagai tanda resminya puluncuran.

Kemudian, anak-anak Papua Football Academy bersama dengan Jokowi mencoba lapangan dan bermain sepak bola bersama.

Ibu Iriana Jokowi turut serta mendampingi pemimpin negara dalam peluncuran PFA bersama juga sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Komentar