oleh

16 Juta Pekerja akan Menerima BLT Subsidi Gaji, Berikut Cara Cek Penerimanya!

Graha Nusantara, Jakarta – Anggaran dengan total Rp9,6 trilun disiapkan pemerintah untuk diberikan kepada 16 juta pekerja dengan gaji paling tinggi Rp3,5 juta per bulan. Dana yang akan diberikan akan berjumlah Rp600 ribu. Hal ini merupakan bantuan sosial berupa BLT subsidi gaji.

Pencairan akan mulai dilaksanakan pada minggu depan. Pemberian subsidi gaji ini merupakan pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

“Dengan bantuan sebesar Rp600 ribu. Ini akan diberikan kepada 16 juta pekerja, yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan, dengan total anggaran Rp9,6 triliun,” ujar Menteri Kuangan Sri Mulyani Indrawati.

Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp24,17 triliun untuk program bantuan sosial yang akan dibagikan kepada masing-masing penerima sebesar Rp600 ribu dan program BLT subsidi gaji merupakan bagian dari program ini.

Dana bantuan sosial sebesar Rp24,17 triliun ini merupakan dana pengalihan subsidi BBM yang menjadi bantalan sosial tambahan dari pemerintah.

Penerima BLT subsidi gaji ini dapat di cek pada website bsu.kemnaker.go.id.

Dilansir dari liputan6.com, berikut langkah-langkah cek penerima BLT subsidi gaji:

  1. Telusuri ke situs bsu.kemnaker.go.id
  2. Daftar akun
    • Apabila pekerja belum memiliki akun maka harus melakukan pendaftaran
    • Lengkapi pendaftaran akun. Kemudian, aktivasi akun dengan menggunakan OTP yang akan dikirimkan melalui pesan teks pada nomor ponsel yang Anda daftarkan.
  3. Jika sudah mendaftarkan akun, kemudian log in kembali menggunakan akun yang didaftarkan
  4. Lengkapi profil tahap ini, pekerja diminta untuk melengkapi biodata diri tentang Anda, termasuk status pernikahan dan tipe lokasi disertai foto profil.
  5. Cek pemberitahuan setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi apakah termasuk “Calon Penerima BSU” 
  6. Setelah ada pemberitahuan tersebut, bagi yang merupakan penerima BSU akan kembali mendapat notifikasi penyaluran yang bisa di cek pada situs Kemenaker dan masuk menggunakan akun yang Anda daftarkan.
  7. Notifikasi penyaluran akan muncul

Selain cara diatas penerima BLT subsidi gaji dapat di cek pada kanal resmi yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id, aplikasi BPJSTKU, dan sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Komentar