Hasil Tes Jokowi dan Pejabat Lainnya Tidak Diungkap, Yurianto: Prosedur Medis

Graha Nusantara – Otoritas kesehatan Indonesia tak  mengungkap hasil tes Covid-19 yang dilakukan terhadap para pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap para pejabat negara bersifat general check-up. Artinya, hasil pemeriksaan merupakan wewenang dan hak setiap personel yang diperiksa.

“Hasilnya sudah kami berikan kepada masing-masing yang bersangkutan. Kami tidak akan pernah mengungkap tentang hasil ini karena ini sifatnya general check-up. Kecuali kalau dia pasien atau penderita (positif Covid-19), memang kita akan hitung,” ucap  Yuri, Rabu (18/3).

Yuri juga menjelaskan bahwa tidak diungkapkannya hasil tes Covid-19 para pejabat negara bukan menunjukkan pemerintah tidak transparan. Dia mengatakan, langkah tersebut  memang prosedur medis.

Presiden Jokowi dan seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju menjalani tes kesehatan untuk memastikan bahwa  mereka tidak terinfeksi virus corona.

Tes kesehatan terhadap seluruh pejabat negara dilakukan setelah diumumkannya  bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Covid-19.

Data per Rabu (18/3), terjadi peningkatkan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 55 orang. Total ada 277 kasus positif Covid-19 di Indonesia dengan jumlah kematian menjadi 19 orang dan pasien yang sembuh sebanyak 11 orang. (*)