oleh

Pesan untuk HUT RI, Pelinus Balinal: Kita Harus Pulih, dan Bangkit dengan Energi yang Lebih Kuat

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Hari ini, Rabu (17/08/2022), masyarakat Indonesia merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-77. Di tengah perayaan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Puncak Pelinus Balinal membahas tentang tema HUT RI 2022 dan kaitannya dengan keamanan di Kabupaten Puncak.

Tema HUT RI kali ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Menurut Pelinus, tema ini membawa pesan penting, salah satunya adalah peringatan untuk segera pulih dari segala persoalan dan segera bangkit.

Persoalan ini bisa beragam. Sebagai tokoh masyarakat Puncak, Pelinus melihat persoalan paling utama yang dihadapi oleh masyarakat Puncak adalah perihal keamanan.

“Saya ingin menarik tema (HUT RI) ini ke dalam konteks Kabupaten Puncak. Saat ini kita tahu bahwa kita masih belum selesai dengan urusan yang menyangkut konflik. Individu dan kelompok yang ingin mengganggu kesatuan Republik Indonesia masih menghantui kita,” tutur Pelinus dalam sambutannya, Rabu (17/08/2022).

Dia juga berpendapat bahwa tema ini sangat relevan dengan konteks yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Puncak saat ini.

Dengan tema yang dipilih pada HUT RI kali ini, Pelinus berharap agar masyarakat tetap menjaga erat persatuan sebagai upaya resolusi konflik yang ada.

Karena baginya, semangat persatuan adalah langkah resolusi konflik yang utama demi untuk terciptanya keamanan di Kabupaten Puncak.

“Untuk itu, relevansi tema ini juga menjadi warning bagi kita masyarakat Puncak untuk segera bergegas pulih dari segala konflik yang ada. Kita harus pulih, dan bangkit dengan energi yang lebih kuat,” tandas Pelinus.

Komentar