Momen Hari ASI Sedunia, Pelinus Balinal Sebut Pentingnya Edukasi Seputar ASI

Graha Nusantara, Kabupaten Puncak – Tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai peringatan Hari ASI (Air Susu Ibu) Sedunia. Dalam momentum tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Puncak Pelinus Balinal ingin menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya edukasi seputar ASI.

Dia menyebut, ASI begitu penting mengingat perannya dalam menjaga kesehatan serta kelangsungan hidup bayi, mengingat ASI merupakan asupan pertama kepada bayi, sehingga akan menentukan kelangsungan kehidupan manusia. Pemberian ASI juga dapat menangkal risiko penyakit infeksi yang dapat memicu kematian neonatal dan kematian bayi.

“ASI merupakan makanan pertama yang diterima bayi yang baru lahir. Untuk itulah, jika mengharap generasi hebat, maka edukasi seputar ASI ini menjadi begitu penting. Selain itu, peringatan ini juga sebagai bentuk dukungan bagi para ibu yang luar biasa, utamanya mereka yang tengah menyusui,” ungkap Pelinus, Senin (01/08/2022).

Edukasi seputar ASI juga selaras dengan fokus Pelinus dalam menumpas kasus stunting di Kabupaten Puncak. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI, para ahli mengafirmasi bahwa ASI dapat mencegah stunting.

Sebagai Kepala Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Puncak, Pelinus sangat menyarankan kepada para ibu-ibu untuk memberikan ASI ekslusif kepada bayi mereka.

Tak lupa, Pelinus juga mengajak para ibu-ibu untuk mempelajari wawasan seputar ASI agar mengerti mengenai manfaat serta pola pemberian ASI kepada bayi.

“ASI itu baik bagi bayi. Kandungan nutrisi yang ada dalam ASI sangat kaya. Saya sebagai Kepala TPPS di Kabupaten Puncak, mengajak para ibu-ibu untuk memberikan ASI kepada bayi, kalau bisa sampai dua tahun. Pemberian ASI yang baik dan sesuai dengan saran ahli, sangat membantu kami dalam melawan kasus stunting di Kabupaten Puncak. Itu artinya, ibu-ibu juga turut aktif dalam membentuk generasi hebat di masa depan,” ucap Pelinus.