Kongres V Partai Demokrat, AHY Menang Aklamasi

Graha Nusantara – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga Putra pertama dari Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), terpilih sebagai Ketua umum Partai Demokrat secara

“Betul, terpilih secara aklamasi,” ujar Kadiv Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean.

AHY sebelum resmi mencalonkan diri memang telah tercatat mengantongi dukungan 93% dari DPD ataupun DPC. Hal tersebut, secara otomatis memuluskan AHY menjadi calon ketua umum yang sebelumnya diemban SBY.

Dengan hasil ini, AHY menjadi orang kelima yang menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat. Sebelumnya, mereka yang pernah memimpin Partai Demokrat adalah Subur Budhisantoso (2001-2005), Hadi Utomo (2005 – 2010), Anas Urbaningrum (2010 – 2013), dan Susilo Bambang Yudhoyono (2013 – 2020).

Diketahui, tidak seperti gelaran kongres-kongres sebelumnya, di tahun ini, Partai Demokrat hanya memakai satu hari saja untuk melaksanakan forum lima tahunan itu. Kongres V Partai Demokrat juga menjadi momen pidato politik terakhir SBY selaku Ketua Umum Partai Demokrat. Dalam kesempatan ini,

SBY memaparkan tiga tugas besar yang akan dialami Indonesia selama lima tahun ke depan. Pertama, menurut SBY, adalah mengatasi dampak dari berbagai permasalahan dunia. Kedua, adalah bagaimana mengatasi permasalahan internal dalam negeri, terutama di bidang ekonomi. Sedangkan tugas ketiga, bagaimana mewujudkan Indonesia yang lebih adil dan lebih makmur pada tahun 2024 mendatang.