Diundang Presiden Joko Widodo Hadiri KTT G20, Presiden Ukraina: Tentu Saja Saya Menerima Undangan Itu

Graha Nusantara, Ukraina – Dalam kunjungannya ke negara Ukraina pada 29 Juni 2022 Presiden Joko Widodo turut mengundang Presiden Ukrania Volodymyr Zelenskyy untuk dapat hadir dalam KTT G20 yang akan diadakan di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan bahwa undangan tersebut diterima tetapi mengenai kehadirannya dalam KTT G20 di Bali mendatang dirinya masih tidak dapat memastikan dikarenakan akan lebih dulu melihat situasi Ukraina.


Masih dalam penyataan yang sama Presiden Volodymyr Zelenskyy menyatakan bahwa kehadirannya juga tergantung pada siapa saja partisipan yang akan hadir dalam KTT G20 di Bali mendatang.


“Tentu saja saya menerima undangan itu. Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di negara itu dan pada komposisi peserta KTT,” tegas Volodymyr Zelenskyy.


Diketahui bahwa saat ini Ukraina dan Rusia sedang dalam masa perang yang dimulai pada 24 Februari 2022 dengan diserangnya kota-kota besar di Ukraina.


Serangan tersebut menewaskan kurang lebih 137 warga tewas dan sebanyak 316 warga mengalami luka-luka.


Operasi militer khusus di Ukraina ini menyebabkan hubungan kedua negara ini menjadi tidak baik. Ukraina yang dahulunya merupakan satu kesatuan dengan Rusia dalam negara federasi Uni Soviet ini tidak lantas membuat kedua negara ini memiliki hubungan yang baik.


Dilansir dari CNBC Indonesia, Perdana Menteri Italia mengatakan bahwa Presiden Putin tak akan datang ke KTT G20 di Bali. Kemungkinan Presiden Rusia tersebut akan mengikuti KTT G20 ini secara daring.

“Terkait kehadiran Presiden Putin, saya melihat penyataan itu, Presiden Joko Widodo mengecualikannya. Dia kategoris. Dia tidak akan datang. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi kemungkinan partisipasi akan dilakukan secara remote. Kita lihat saja nanti.” Kata Perdana Menteri Italia.


Tidak hadirnya Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 mendatang membuka peluang kehadiran Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada KTT G20 di Bali pada November mendatang. (Red)