Wabah PMK Tambah Ganas, Pemkot Tangsel Berharap Masyarakat Teliti saat Membeli Hewan Kurban

Graha Nusantara, Tangerang Selatan – Wabah PMK tambah ganas, Pemkot Tangsel berharap masyarakat teliti saat membeli hewan kurban, menjelang Idul Adha. Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kurban dengan melakukan pemeriksaan secara masif.

Selain itu, Pemkot Tangsel juga siap melakukan vaksinasi hewan kurban sebelum nantinya disembelih.

Akan tetapi, sampai saat ini masih dilakukan pendataan jumlah hewan kurban yang butuh divaksinasi.

“Buat masyarakat Kota Tangsel, kami selalu berusaha yang terbaik bagaimana mengantisipasi penyebaran PMK di hewan-hewan ternak yang akan diperjualbelikan di Tangsel,” ujar Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Balai Kota Tangsel, Senin.

Pada hari ini, Senin (20/6/2022) atau tepatnya H-19 Idul Adha, Pemkot Tangsel mengimbau masyarakat terlibat dalam pencegahan penyebaran PMK.

Salah satu caranya yaitu dengan teliti dalam membeli hewan kurban.

“Tapi kami juga membutuhkan dukungan masyarakat untuk sama-sama memeriksa kembali. Kan terlihat secara fisik kalau ada gejala itu, tolong sama-sama diawasi karena hewan ternak berpenyakit enggak boleh disembelih. Nanti kan kalau dibagikan kepada masyarakat untuk dikonsumsi, masalah,” jelas Pilar.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyebutkan bahwa terdapat 13 kasus PMK yang menyerang sapi ternak di Tangsel.

“Di Kejari (Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan) dalam kaitannya dengan Pak Kajari juga punya tugas di situ dilaporkan sama saya yang positif dua, kemudian yang suspek ada 6, masih diduga gejala ringan 5,” ujar Benyamin di kawasan Serpong, Jumat (10/6/2022).

Benyamin mengeklaim, semua sapi ternak yang terjangkit PMK sudah sembuh.

“Pak Kajari meminta kalau ada perkembangan-perkembangan kayak gitu dilaporkan melalui kejaksaan negeri kami, supaya terpantau juga karena Kejaksaan Agung juga mendapatkan tugas seperti itu,” kata Benyamin.

(byp)