Ustadz Abdul Somad: Ada 5 Tanda Kiamat, Kini Semakin Nyata

Graha Nusantara, “Ustadz Abdul Somad: Ada 5 Tanda Kiamat, Kini Semakin Nyata” — Ustadz Abdul Somad dalam ceramah memberikan penjelasan tentang tanda-tanda kiamat yang semakin nyata.

Ustadz Abdul Somad juga ungkap beberapa peristiwa sebelum kiamat datangnya hari kiamat.

Berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad, tentang tanda-tanda yang akan muncul sebelum hari kiamat benar-benar terjadi.

Sebagaimana firman Allah Swt. di dalam kita suci Al Quran, banyak ayat yang menjelaskan tentang hari kiamat.

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Hajj Ayat ke 7, yang menjelaskan bahwa Hari Kiamat itu pasti akan terjadi dan umat manusia yang sudah meninggal pun akan Allah hidupkan kembali:

“Sesungguhnya hari kiamat itu pasti akan datang, tidak ada sedikitpun keraguan kepadanya. Sungguh Allah akan membangkitkan siapapun yang ada di dalam alam kubur.”

Sebagai tanda akan datangnya kiamat, simak penjelasan dalam tausiah Ustadz Abdul Somad. Ustadz Abdul Somad mengutip sebuah hadits dari Abu Hurairah.

“Dari Abu Hurairah, aku mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda di antara dekatnya hari kiamat itu, dalam hadits ini ada lima. Yang pertama waktu makin pendek,” ujar Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan, waktu yang terasa makin cepat juga adalah satu dari lima tanda kiamat.

Lalu hal apa, kata Ustadz Abdul Somad, yang membuat waktu terasa bergerak cepat itu?

Menurut Ustadz Abdul Somad, lantaran kesibukan dari tiap manusia membuat waktu sudah tak terasa pergerakannya.

“Dulu tidak ada sosmed, sekarang waktu habis. Bila tanya orang, mana lebih lama lima  menit atau 50 menit? Tentu 50 menit. Tapi begitu ditanya lima menit menunggu azan Maghrib di bulan puasa, dan 50 menit main sosmed, oh 50 menit hilang waktu tidak terasa,” kata Ustadz Abdul Somad.

“Masa begitu cepat berlalu tak terasa, sebulan seperti sepekan, sepekan seperti sehari, sehari seperti sesaat. Akhirnya kita pun kehilangan waktu, habis,” sambung Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad lalu menerangkan 4 tanda lain datangnya hari kiamat.

“Kedua, akhir zaman, ilmu makin kurang. Dicabutnya ilmu oleh Allah SWT. Dengan banyaknya para ulama yang berpulang,” kata Ustadz Abdul Somad.

Ketiga, datangnya penyakit Syuh (Tamak dan pelit) atau sangat menyayangi harta.

“Tidak mempedulikan makanan orang miskin. Akibat penyakit ini (Syuh). Lantaran yang kedua tadi, sudah dicabutnya ilmu oleh Allah SWT,” ujar Ustadz Abdul Somad.

Sedangkan tanda datangnya kiamat yang keempat kata Ustadz Abdul Somad, adalah terjadinya fitnah di mana-mana.

“Lalu yang kelima adalah banyaknya pembunuhan,” kata Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad pun berpesan supaya tetap menguatkan keyakinan dengan rajin beribadah, dan istiqomah menjalankan syariat.