Ikut Program OJK, Dijamin Dapat Kredit Tanpa Jebakan Rentenir!

Graha Nusantara, Jakarta – Ikut Program OJK, Dijamin Dapat Kredit Tanpa Jebakan Rentenir! Intip caranya bagaimana untuk ikutan program ini? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mensosialisasikan Program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir atau yang disingkat K/PMR.

Program ini jadi jurus OJK menghalau maraknya rentenir dan pinjam online ilegal yang menjamur luas di tengah masyarakat hingga menimbulkan keresahan.

Program K/PMR sendiri adalah kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal kepada pelaku Usaha, Mikro dan Kecil (UMK) dengan proses yang cepat, mudah, dan berbiaya rendah.

“Program ini dilatarbelakangi oleh maraknya praktik penawaran kredit atau pembiayaan yang dilakukan oleh entitas ilegal seperti rentenir dan pinjaman online ilegal. Hadirnya K/PMR bertujuan untuk mengurangi ketergantungan atau pengaruh dari entitas ilegal.”
Dalam praktiknya, program K/PMR disalurkan oleh LIK dengan nama program yang beragam, sesuai dengan masing-masing Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Hingga kuartal I 2022, sudah terdapat 65 TPAKD yang telah mengimplementasikan program K/PMR dengan total 91 skema K/PMR.