WHO Minta Jokowi Deklarasi Darurat Nasional Wabah Virus Corona

Graha Nusantara – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)  untuk meningkatkan mekanisme tanggap darurat menghadapi penanggulangan pandemi Virus Corona.

Pernyataan tersebut di sampaikan Ghebreyesus melalui surat yang ditujukan kepada Presiden Jokowi.

“Kami merekomendasikan beberapa hal yang penting dan darurat untuk menekan transmisi lokal dan mencegah penyebaran lebih luas. Salah satunya, meningkatkan mekanisme tanggap darurat termasuk deklarasi darurat nasional,” katanya seperti yang kami lansir dari laman CNNIndonesia, Jumat (13/3).

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan rekomendasi kepada setiap negara, terutama negara yang memiliki populasi besar dengan ragam kapasitas dan sistem kesehatan di dalam negeri

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah mengungkap, bahwa pihaknya belum melihat surat tersebut secara langsung.

“Tapi dari surat yang saya baca, yang didapat dari teman-teman media, rekomendasi bersifat umum ya yang diberikan WHO ke semua negara yang punya local transmission,” ucapnya.

Selain itu, Teuku juga menegaskan, bahwa surat tersebut bersifat rekomendasi, sehingga tidak secara otomatis mengeluarkan status darurat nasional. (*)