Cara Menyimpan Taoge agar Awet dan Tetap Sehat

Grahanusantara.co.id, Medan – Siapa yang tidak kenal dengan Taoge. Nah, Taoge merupakan salah satu sayuran yang disukai banyak orang. Kita bisa memasak taoge menajadi berbagai makanan yang lezat, mulai dari ditumis atau disayur bening.

Manfaat taoge untuk kesehatan dan kesuburan tubuh pun sudah tak diragukan lagi bagi kita. Tapi, taoge juga merupakan salah satu sayuran yang cepat layu atau busuk jika tidak disimpan dengan benar.Maka dari itu cara agar taoge awet berminggu-minggu harus disimpan dengan benar, nih. Untuk itu, yuk simak cara menyimpan taoge yang benar agar bisa awet selama tujuh hari.

1. Beli yang Kualitasnya Baik

Kalau taoge memang mau disimpan sebagai stok, pastikan membeli taoge dengan kualitas yang baik, ya.

Taoge haruslah masih super segar. Warnanya masih putih betul dan tidak layu. Hindari taoge yang layu dan sudah kecokelatan. Kalau sebelum disimpan saja kualitas taoge sudah buruk, pasti taoge tidak akan kuat dijadikan stok.

2. Simpan dengan Dibungkus Kertas

Salah satu alasan taoge cepat busuk adalah karena kadar air di dalamnya yang cukup tinggi. Akibatnya kalau disimpan lama, air bisa menguap, membasahi taoge dan membuatnya jadi layu kemudian busuk.

Karena itu, kalau mau taoge tahan sampai seminggu, coba bungkus taoge dengan kertas. Kertas bisa menyerap air yang menguap dari taoge sehingga membuatnya tetap kering.

Tapi, hindari membungkusnya menggunakan kertas koran, ya. Koran mengandung timbal yang bisa sangat berbahaya bagi makanan. Nah, setelah dibungkus rapat dengan kertas, masukkan taoge ke dalam plastik lalu simpan di dalam kulkas. Dengan begini, taoge bisa tetap segar sampai seminggu.

3. Rendam Dalam Air

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah merendam taoge di dalam air. Air bisa menjaga kesegaran taoge, lho. Tapi ingat, segera masukkan taoge ke dalam air begitu sampai di rumah.

Jangan membiarkan taoge terlalu lama baru kemudian direndam dengan air. Sudah percuma, taoge pasti sudah menurun kualitasnya. Pastikan air yang digunakan cukup banyak sehingga taoge terendam semua.

Jika direndam dalam air, taoge bisa tetap segar seharian. Mau lebih lama lagi?. Masukkan taoge bersama airnya ke dalam lemari es. Tapi ingat, sebelumnya masukkan ke dalam wadah kedap udara dulu, ya. Ingat, segera simpan begitu selesai dibeli supaya kesegarannya masih maksimal, ya. Selamat mencoba! (RAH)