oleh

Menyikapi Konflik Di India, Ma’ruf Amin: Contoh Indonesia

Graha Nusantara – Wakil presiden Indonesia, Ma’ruf amin, menyarankan agar India mencontoh Indonesia dalam kehidupan beragama yang mengedepankan moderasidan toleransi antar sesama pemeluk agama.

Saran wapres tersebut merupakan respon konflik yang tengah terjadi antar umat Hindu dan Muslim di India, pasca setelah pamerintah India mengeluarkan UU Kewarganegaraan yang kontroversial.

“Kita menginginkan agar India bersikap seperti kita (Indonesia) yaitu membangun toleransi, moderasi di dalam beragama. Sebagai negara  yang sama-sama majemuk, saya harap India itu seperti yang kita lakukan,” ucap Ma’ruf di kantor Wakil Presiden, Rabu (4/3).

Lebih lanjut lagi, Ma’ruf menjelaskan, jalan keluar dari konflik umat beragama di India bisa memlalui moderasi beragama. Ia juga menyarankan agara para penganut seluruh agama untuk bersikap moderat agar keharmonisan serta hubungan kekeluargaan antar umat tetap terjaga.

“Bukan hanya Islam yang moderat, tapi semua agama yang moderat,” lanjut Ma’ruf

Melihat konflik yang terjadi di India, Wakil Presiden Indonesia, berencana menginisiasi pertemuan dengan seluruh tokoh agama di dunia untuk membahas isu moderasi dan toleransi dalam beragama. Pertemuan tersebut, kata ma’ruf untukk di harapkan dapat membangun kerukunan antar pemeluk agama diseluruh dunia.

“takhanya bisa rukun, tapi bisa merukunkan konflik-konflik di dunia yang terjadi. Saya kira itu konsep kita. Kita harap negara lain seperti Indonesia lah,” ujar ma’ruf (*)