oleh

Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuxkerberg seorang programmer sekaligus pengusaha sukses asal Amerika, namanya tenar seantero dunia karena produk yang dikeluarkannya yaitu Facebook. Mark Zuckerberg termasuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia, pria kelahiran 14 Mei 1984 di New York ini diperkirakan memiliki kekayaan hingga 17,55 miliar USD terhitung sjeak pertama kali ia mengeluarkan Facebook pada tahun 2004.

Zuckerberg lahir dari seorang ibu bernama Karen seorang Psikiater dan ayahnya bernama Edward Zuckerberg yang berprofesi sebagai Dokter Gigi. Semasa di sekolah Zuckerberg adalah seorang murid yang cerdas terutama dalam bidang sains

Di profil Facebook Zuckerberg, ia menyebutkan tertarik pada “keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme”. 

Pada tanggal 19 Mei 2012,  Zuckerberg menikah dengan Priscillia Chan Upacara dilangsungkan di halaman belakang Zuckerberg. Tamu-tamu khusus diundang dengan dalih merayakan lulusnya Chan sebagai dokter dari fakultas kedokteran di University of California.

Zuckerberg merupakan mahasiswa dari Universitas Harvard, pada awalnya ia menciptakan sebuah system jejaring social untuk teman-teman kelasnya, karena system tersebut digemari banyak kalangan mulailah satu persatu dari kelas lain sampai universitas lain gabung ke dalam system tersebut inilah yang menjadi cikal bakal Facebook dikemudian harinya.

Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu mulai menyewa tempat di California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook. Karena keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook, maka Zuckerberg lupa akan kuliahnya. Zuckerberg dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan. Dengan sikap yang optimis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka, dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.

Peluncuran Facebook

Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Sebuah inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta di mana Zuckerberg lulus tahun 2002. Ini mempublikasikan direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan yang oleh siswa disebut sebagai “The Facebook”. Direktori foto semacam itu merupakan bagian penting pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka.

Setelah kuliah, Facebook dimulai dari hanya sebagai “barang Harvard” sampai akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain, mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Mereka pertama kali dimulai dari Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University.

Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang menginvestasikan pada perusahaan. Mereka mendapat kantor pertama mereka di pertengahan tahun 2004. Menurut Zuckerberg, mereka berencana untuk kembali ke Harvard tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California. Mereka telah menolak tawaran oleh perusahaan besar yang akan membeli Facebook.