oleh

Dilarang Akibat Wabah Corona, 811 Warga China Tetap Masuk ke Indonesia

Graha Nusantara – Sejak 5 Februari lalu, Pamerintah Indonesia resmi melarang warga negara China masuk ke Indonesia.  Kebijakan tersebut di keluarkan guna mengantisipasi agar Indonesia tidak terjangkit Virus Corona (COVID-19).

Tetapi, meski begitu, kebijakan yang ditelah ditetapkan oleh pamerintah tidak di indahkan, tetap ada warga China yang tetap nekat datang ke Indonesia. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, tercata pada 5 Februari ada sebanyak 550 warga China yang datang ke Indonesia.

Pada 6 Februari lalu, ada 285 Warga Negara China yang masuk ke Indonesia, sedangkan pada 8 Februari, tercatat ada 3 orang warga China yang masuk ke Indonesia.

Sehingga sejak di keluarkannya kebijakan tersebut, ada sekitar 811 warga China yang nekat masuk ke Indonesia.

Syarif Hidayat, Direktorat Kepabean Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai, mengatakan, masuknya warga China tersebut merupakan disebabkan karena adanya transit penerbangan

“Kalau yang tiga orang itu mungkin transit, bisa juga pesat lain yang melalui Singapura atau Timur Leste atau transit juga bisa” jelasnya, saat di temui di kantornya, Jakarta (3/3)

Berdasarkan dari data, jumlah penumpang asal China berada di puncaknya saat Tahun Baru Imlek pada 25 Januari 2020, sebanyak 7.792 penumpang. Setelah tanggal terseut, jumlah penumpang asal China terus menurun. (*)

Sumber: Merdeka,com