oleh

Jeff Bezos

Jeffrey Preston Bezos (Jeff Bezos) Seorang pengusaha kaya raya asal Amerika, yang lahir pada 12 Januari 1964. Ia adalah pemilik sekaligus pendiri perusahaan tekhnologi Amazon.com. Jeff Bezos mendirikan Amazon.com pada tahun 1994, sekarang ia masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Jeff Bezos adalah pria keturunan Texas, Ibunya Jackie Bezos menikah diusia yang cukup belia. Pernikahan kedua orangtua Jeff Berzos hanya bertahan selama setahun, ketika Jeff Bezos masih bayi ia sudah ditinggal oleh orangtua yang berpisah karena perceraian. Ibunya menikah kembali dengan pria keturunan Kuba bernama Miguel Bezos.

Diusia 15 tahun Jeff Bezos pergi ke Amerika Serikat guna guna menempuh pendidikan di Universitas Albuquerque. Bezos menunjukkan minatnya pada bidang ilmu sejak masih muda. Ia mengutak-utik alarm listrik supaya sang adik tidak masuk ke kamarnya. Garasi orang tua juga dijadikannya laboratorium untuk eksperimen ilmiah.

Jeff Bezos sempat pindh ke Miami, Florida dan melanjutkan kuliah jurusan ilmu computer dan tekhnik listrik di Universitas Princeton. Setelah lulus dari Princeton, Bezos mendapat pekerjaan di Wall Street yang berhubungan dengan komputer. Jaringan komputer dibangunnya di sebuah gedung yang dijadikan pusat perdagangan internasional oleh perusahaan bernama Fitel. Selanjutnya Bezos bekerja untuk D. E. Shaw & Co..

Pada tahun 1994 Bezos mendirikan situs web Amazon.com. Model bisnis Amazon.com dirancangnya sewaktu mengendarai mobil dari New York ke Seattle. Kantor Amazon.com yang pertama adalah garasi rumah Bezos. Situs web Amazon.com yang didirikan Bezos membawanya sebagai salah seorang pengusaha sukses era dot-com. Pada tahun 2004, Bezos mendirikan perusahaan bernama Blue Origin yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar.