BKPRMI Sumut Sebagai Percontohan LMD II dan TOT Basic Mudarrib, Zulchairi: Kita Support Kaderisasi BKPRMI

Grahanusantara.co.id, Langkat – Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW BKPRMI) Sumatera Utara Periode 2018-2022, melakasanakan kegiatan formal kaderisasi Latihan Mujahid Dakwah (LMD) II dan TOT Basic Mudarrib acara dilaksanakan di Bukit Lawang dimulai dari hari Kamis-Minggu, 23-26 September 2021.

Kegiatan ini agenda program kerja dari LPPDSDM BKPRMI Sumut, tema yang diangkat “Mencetak Kader yang Qur’ani, Berakhlakul Karimah, Serta Berwawasan Kebangsaan yang Cinta NKRI”. LMD II merupakan pendidikan tingkat 2 di BKPRMI, yang boleh mengikuti LMD II hanya mereka (anggota BKPRMI) yang sudah melewati jenjang pendidikan LMD I.

Direktur Wilayah LPPDSDM Kurnia Amir, S.Sos.I, mengungkapkan rasa bangga dan haru karena melihat antusias peserta yang begitu tinggi untuk menambah khazanah keilmuwannya.

“Saya cukup senang karena LMD II kali ini, diikuti oleh kader-kader yang terpilih dari DPD Kabupaten/Kotanya masing-masing”, sampainya saat memberikan sambutan pada acara penutupan.

Ditempat yang sama Direktur Nasional LPPDSDM Nanang Mubarok menyampaikan hal yang senada. Ia juga berikan apresiasi kepada DPW BKPRMI Sumut dan LPPDSDM yang sudah bekerja dan memikirkan kegiatan ini secara maksimal.

“LMD II dan TOT Basic Mudarrib di Sumut, merupakan yang pertama dilakukan secara nasional, melihat lahirnya mudarrib-mudarrib yang baru, kita optimis bisa mempercepat kaderisasi, dan kegiatan di Sumut ini sebagai file project untuk wilayah yang lain,” terangnya.

Ia juga menilai dan berharap bahwa untuk lanjutannya peserta yang lulus harus melanjutkan RTL, dan bisa terjun menjadi mudarrib (mengelola) Forum LMD di Sumut dan skala nasional.

Sedangkan Amri Fahrizal Nst, selaku Sekretaris Umum sangat bangga jika memang Sumut sebagai percontohan untuk LMD II dan TOT Basic Mudarrib.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Wilayah dan Direktur Nasional LPPDSDM yang dengan gigih bisa mensukseskan acara yang sederhana ini.

“Saya berterima kasih khususnya kepada Kang Nanang dan Tim Mudarrib, semoga hanya Allah yang bisa membalas ilmu yang telah diberikan,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan mohon maaf Ketua Umum DPW BKPRMI Sumut yang tidak bisa membersamai pada kegiatan tersebut, tapi begitu pun semangat Ketum DPW Selalu bersama kita.

Di lain tempat Zulchairi Pahlawan, S.H merupakan Ketua Umum DPW BKPRMI Sumut, saat dikonfirmasi via telpon merasa senang karena acara sukses berjalan dan Sumut bisa menjadi percontohan untuk wilayah lainnya.

“Ini pencapaian yang luar biasa untuk BKPRMI Sumut, kita juga di Sumut akan mensupport DPD-DPD untuk membuat LMD I, agar kaderisasi BKPRMI berjalan sehingga khittah perjuangan BKPRMI bisa tertanam pada kader BKPRMI,” imbuhnya.

Bang Zul Sapaan akrabnya juga akan mensinergikan Program DPP BKPRMI dan DPW terkait kaderisasi. Dan ia juga akan berencana untuk menggelar LMD II yang ke 2 kalinya di Sumatera Utara, biar Sumut tidak kehilangan nafas kaderisasi anak remaja masjid.

“Itulah rencana besar kita untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada anak remaja masjid agar mereka terhindar dari perilaku yang tercela, melalui LMD, sehingga kecintaan mereka terhadap Islam seiring sejalan dengan BKPRMI,” pungkas Zul.

Bahwasanya perlu diketahui informasi dari penyelenggara, peserta yang mendaftar ada 31 orang yang dinyatakan sebagai peserta ad 21 orang yang selama 4 hari 3 malam mengikuti forum LMD II, dan suasana kegiatan sengaja dipilih di alam terbuka agar semakin meningkatkan rasa syukur pada Allah Yang Maha Esa.