KPOTI Sumut: Sosialisasikan Program PANGKOTRAD di Asahan

Grahanusantara.co.id, Asahan – KPOTI Provinsi Sumatera Utara kunjungi Kantor TP PKK Asahan, Rabu (22/9/2021) kemarin. Kehadiran KPOTI tak lain untuk menyerahkan Thropy Juara 1 Lomba Hias Gapura dan Juara Harapan 1 Video Satu Menit Permainan Tradisional.

Kehadiran KPOTI Provinsi Sumatera Utara disambut langsung oleh Ketua TP PKK Ny. Titiek Sugiarti Surya, Sekretaris Ny. Nuraisyah Rahmad Hidayat, Wakil Ketua I Ny. Yusmila Indriati Taufik, dan Wakil Ketua II Ny. Derliana Jhon Hardi

Dalam sambutannya, Ny Titiek Sugiarti Surya menyampaikan bahwa, keikut sertaan TP PKK Asahan merupakan bentuk loyalitas kepada pimpinan TP PKK Sumatera Utara Ny. Nawal Lubis dalam menjaga dan melestarikan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional.

“Momentum BPROT harus dimanfaatkan dalam menjaga dan melestarikan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional dari kepunahan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Agustin Sastrawan Harahap menyampaikan, Kegiatan BPROT digelar untuk memperingati Bulan Agustus sebagai Bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional.

“Ini akan kita peringati setiap tahun. Kami mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Asahan atas partisipasi nya mengikuti BPROT Tahun 2021,” ucapnya.

Kehadiran KPOTI Sumut juga sambung Agustin dalam rangka mensosialisasikan Program PANGKOTRAD yang akan dihelat dalam aktu dekat di 250 desa di Provinsi Sumatera Utara.

“Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten/ kota untuk membentuk pangkalan olahraga tradisional di desa, harapannya PANGKOTRAD dapat terbentuk di Kabupaten Asahan agar menjadi Benteng Pertahanan Budaya,” harapnya.

Agustin juga menyampaikan, melestarikan Permainan Tradisional tidak bisa secara Individu, dan harus dilakukan bersama dan bergotong royong.

“Pemerintah juga harus terlibat, ini merupakan tugas pemerintah dalam mendukung dan mewujudkan Undang Undang Pemajuan kebudayaan No 5 Tahun 2017,” lanjut Agustin.

“Kami dari TP PKK Asahan mendukung penuh ikhtiar dan program yang dilakukan oleh KPOTI Sumatera Utara, gambaran yang disampaikan oleh KPOTI Sumut sangat baik dalam melestarikan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional, kami berharap KPOTI Kabupaten Asahan segera dibentu,” Sambut Yusmila.

Dalam kesempatan ini dihadiri juga oleh mandataris KPOTI Kab Asahan, Juhari. KPOTI Kabupaten Asahan siap dibentuk, kita sudah susun dan agendakan Musyawarah KPOTI Kabupaten Asahan agar percepatan Pelestarian Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional dapat kita lakukan.