oleh

Sering Gagal dalam Interview Kerja, Begini Tips dan Triknya

Persaingan dalam mencari pekerjaan dari tahun ke tahun semakin ketat, bahkan bagi lulusan sarjana sekali pun. Setiap tahunnya para lulusan SMA/K dan S1 terus mencoba peruntungannya di dunia pekerja yang tentunya sangat berbeda dari apa yang pernah mereka jalani pada saat di sekolah atau di universitas.

Bagi mereka lulusan baru yang minim pengalaman bekerja, tentunya relasi sangat dibutuhkan, karena kemampuan yang dimiliki para lulusan baru kadang tidak diketahui oleh para HRD di perusahaan pada umumnya.

Tentu sebuah kesempatan besar ketika seorang jobsekers mendapat pangilan intervies atau wawancara kerja. Kesempatan ini, tentunya tidak akan di sia-siakan demi mendapat sebuah pekerjaan sesuai keinginan hati. Berikut tips dan trik dalam menjalani proses interview atau wawancara kerja:

Perhatikan lowongan dan perusahaan

Maksudnya pada sub ini adalah cari tahu informasi sebanyak-banyaknya apakah perusahaan yang dimaksud benar adanya atau bukan perusahaaan menipu lewat lowongan, biasanya jika itu lowongan yang bukan hoax informasi panggilan interview melalui gmail berbayar atau perusahaan akan menelpon langsung.

Selain itu, jika para jobsekers ingin mengetahui apakah perusahaan tersebut bukan perusahaan hoax, kebanyakan perusahaan memiliki website resmi disanalah kalian dapat mengetahui informasi perusahaan atau kalian dapat membaca informasi melalui review di situs-situs lainnya.

Pastikan lokasi, jam dan tanggal interview

Jika kalian sudah mantap terhadap panggilan interview, pastikan kalian tidak salah tanggal atau waktu yang telah ditentukan lalu pastikan juga lokasi perusahaan. Setelah hal tersebut, alangkah baiknya untuk jam dating, kalian berangkat 1 atau 1 setengah jam sebelum jam yang ditentukan, kalian tentunya tidak mengetahui sesuatu yang akan terjadi diperjalanan bias saja macet atau tersasar.

selain itu, biasanya perusahaan akan memanggil urutan pelamar sesuai dengan jam kedatangan yang intinya semakin kalian datang cepat maka semakin cepat juga kalian akan dipanggil untuk interview dan tentunya kalian tidak akan lelah karena lama menunggu.

Berdoa

Hal ini penulis anggap penting, karena pada dasarnya setiap manusia hanya memiliki rencana tetapi pada akhirnya Tuhan-lah yang menentukan. Maka, alangkah baiknya kalian berdoa agar dimudahkan serta mendapatkan hasil yang kalian inginkan.

Siapkan mental dan kerapihan pakaian

Gugup atau kehilangan mood baik kadang menjadi penyebab utama dari kegagalan pelamar pada tahap interview. Maka dari itu, persiapkan mental kalian sebaik mungkin hal ini dapat kalian lpersiapkan dengan selalu berpikir positif terhadap apa yang kalian akan lakukan dan kalian juga bisa menggengam sesuatu missal pulpen atau benda kecil lainnya untuk menghilangkan ketegangan saat berbicara.

Mood yang baik akan membawa pada raut muka yang baik, tentu para HRD akan sangat memperhatikan gimik muka kalian, apakah kalian sedang kesal atau kalian sedang gembira. Untuk menjaga mood baik kalian bisa menghindari hal-hal yang dapat menggangu mood kalian misalnya, terjebak macet atau sedang ada masalah dengan kekasih.

Untuk tambahan terakhir tentang kerapihan pakaian, tidak sedikit HRD menilai bahwa kerapihan pakaian adalah representative dari kedisiplinan dan karakter pribadi kalian. Jadi usahakanlah kalian dapat berpakaian rapih atau berpakaian sesuai ketentuan dari informasi panggilan interview.

Persiapkan jawaban

Ini menjadi sub yang sangat penting, jawaban dari pertanyaan yang diberikan adalah penentu dari kalian diterima atau tidaknya dalam mencari pekerjaan. Menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan dan posisi yang kalian lamar merupakan hal yang diperlukan.

Misalnya perusahaan yang kalian lamar bergerak di bidang apa, lalu bagaimana posisi dan jobsdesk kalian di perusahaan yang kalian lamar nantinya. Pastikan kalian tidak mengarang bebas dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Hal lain, ketika kalian menjawab pertanyaan pastikan tidak berbelit-belit dan jika pertanyaan menyangkut pada pribadi kalian jangan sesekali kalian menyombongkan atau melebih-lebihkan keunggulan kalian.

Tips dan Trik selanjutnya akan membahas jawaban-jawaban yang diperlukan oleh para jobsekers dalam interview kerja. Tunggu dan ikuti hanya di Graha Nusantara.