Dispora Sumut Dukung KPOTI Sumut Majukan Olahraga Tradisional

Grahanusantara.co.id, Medan- Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara menerima kunjungan kerja Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumut.

Dalam kegiatan yang berlangsung, Senin (23/8/2021) itu, pengurus KPOTI Sumut diterima langsung Kadispora Sumut Ir Ardan Noor Hasibuan MM dan Sekretaris Dispora Sumut Hj Dahliana MSi.

Kadispora Sumut Ardan Noor menegaskan mendukung penuh program dan kegiatan yang digalakkan KPOTI Sumut. Terutama dalam jangka pendek ini, menjadikan Agustus menjadi Bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (BPROT) di Sumut.

“Kami dukung penuh program dan kegiatan KPOTI yang memang dalam dua tahun ini melakukan percepatan pemajuan kebudayaan melalui olahraga tradisional,” tegas Ardan Noor.

Pihaknya pun mengajak KPOTI Sumut bisa terus bersinergi dengan Dispora Sumut.

“Kebutuhan fasilitas dan sebagainya seperti bus bisa berkordinasi dengan kami. Kami juga mendukung KPOTI Sumut bisa menggunakan Lapangan Astaka di Gedung Serba Guna Pancing menjadi pangkalan olahraga tradisional berbasis kearifan lokal di Sumut,” kata Ardan.

Sementara itu Sekretaris Dispora Sumut Hj Dahliana memberikan apresiasi kepada KPOTI Sumut atas ikhtiar yang sudah dilakukan selama ini.

“Saya terus memperhatikan kegiatan KPOTI Sumut melalui berita dan medsos. Saya yakin olahraga budaya ini akan maju bila dikemas dengan tampilan menarik. Ke depan kita akan terus berkordinasi agar pemaajuan kebudayaan ini bisa cepat terwujud. Ini tugas kita bersama,” ucap Dahliana.

Sementara itu Ketua KPOTI Sumut Agustin Sastrawan Harahap kepada Dispora Sumut memaparkan rencana stargis percepatan pemajuan kebudayaan.

“Kami memang berharap bisa terus berkordinasi dengan Dispora Sumut dalam pelestarian olahraga budaya di Sumatera Utara ini,” kata Agustin didampingi Pengurus Holidun Saragih, Pevi Albana dan Aldino.

Dalam menyambut Bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional ini, KPOTI Sumatera Utara, terus melakukan kordinasi dan membangun komitmen bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dikatakannya, KPOTI Sumut telah melaksanakan perlombaan secara virtual.

“Kegiatan yang didukung penuh Bapak Gubsu Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Provsu Ibu Nawal Lubis ini sedang berjalan dan dalam proses pendaftaran peserta. KPOTI SUMUT siap bermitra demi kemajuan budaya. Karena sejatinya KPOTI hadir untuk misi penyelamatan bangsa dan generasi muda lewat budaya,” tukas Agustin.