oleh

Amancio Ortega Gaona

Amancio Ortega Gaona seorang pengusaha sukses yang juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia asal Spanyol, ia merupakan pemilik grup busana Inditex yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan toko pakaian dan aksesoris Zara, Amancio Ortega Gaona lahir 28 Maret 1936. Menurut Forbes, per 7 September 2016, Ortega merupakan orang terkaya di Eropa dan orang terkaya di dunia, saat ini Ortega tinggal bersama isteri keduanya di sebuah apartemen tertutup di Galicia, Spanyol.

Amancio Ortega Gaona lahir di Busdongo de Arbás, León, Spanyol, merupakan anak termuda di keluarganya, dia menghabiskan masa kecil hingga memasuki masa remaja di León. Ia pindah ke La Coruña pada usia 14 tahun karena profesi yang dijalani ayahnya, seorang pekerja kereta api. Saat masih remaja, Ortega bekerja di toko baju setempat bernama Gala, yang saat ini masih berdiri di tempat yang sama di pusat kota La Coruña.

Pada tahun 1972, ia mendirikan Toko tersebut menjual jubah mandi tenun yang diproduksi ribuan wanita setempat yang tergabung dalam beberapa koperasi jahit. Pada tahun 1975, ia membuka toko Zara pertamanya. Diberi nama Zara karena nama kesukaannya, Zorba, sudah ada yang punya.

Ortega memiliki sikap yang sangat sederhana dan juga menutup diri dari publikasi, hal ini sempat tersorot pada saat Ia mengunjungi kedai kopi yang sama setiap hari dan makan siang bersama karyawannya di kantin kantor. Ia menolak mengenakan dasi dan biasanya cuma memakai seragam biasa berupa blazer biru, baju putih, dan celana abu-abu yang kesemua bajunya bukan produk Zara.

Ketika Ortega muncul di hadapan publik pada tahun 2000, pers keuangan Spanyol peristiwa ini secara besar-besaran. Saat itu ia menghadiri acara pemanasan sebelum penawaran umum perdana (IPO) Inditex tahun 2001. Ortega seumur hidupnya baru mengizinkan tiga jurnalis untuk mewawancarainya dan rahasia pribadinya mendorong sejumlah orang menulis buku tentang dirinya, seperti Amancio Ortega: de cero a Zara (From Zero to Zara).

Pada tahun 2011, Ortega menyatakan pensiun dini dari Inditex, perusahaan induk Zara, dan meminta wakil presiden dan CEO Inditex Pablo Isla menggantikannya sebagai pemimpin raksasa tekstil ini. Pada tahun 2012, Ortega menyumbangkan 20 juta euro ke Caritas Internationalis, organisasi bantuan kemanusiaan Katolik Roma.