3 Faktor Penyebab Bunyi Kretek di Badan

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Sendi adalah sambungan dari beberapa tulang. Nah, terdapat dua jenis sendi, yaitu sendi mati dan sendi gerak. Jenis sendi yang bisa mengeluarkan bunyi adalah sendi gerak, seperti buku-buku jari, punggung, leher, lutut, pergelangan kaki, dan siku.

Ada beberapa alasan mengapa sendi bisa berbunyi “krek”, seperti:

1. Terjadi pengeluaran udara dari cairan

Cairan sinovial yang terdapat pada sendi berfungsi sebagai pelumas. Nah, cairan ini mengandung oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida. Saat sengaja ingin membuat suara “krek” dari persendian, Anda meregangkan kapsul sendi.

Pada saat itu, terjadi pelepasan gas yang terkandung dalam cairan dan berlangsung sangat cepat hingga membentuk gelembung. Jika ingin mengulang bunyi yang sama lagi, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga gas kembali ke dalam cairan sinovial.

2. Pergerakan sendi, tendon, dan ligamen

Saat sendi bergerak, posisi tendon pun bergeser sedikit keluar dari posisi awal. Nah, saat tendon kembali ke posisi semula, Anda mungkin akan mendengar bunyi “krek”.

Pada waktu yang bersamaan, ligamen akan semakin menegang. Hal ini sering terjadi pada sendi lutut atau pergelangan kaki dan bisa menimbulkan bunyi “krek” yang sama.

3. Permukaan sendi yang kasar

Bagi penderita arthritis, sendi dalam tubuhnya akan lebih sering mengeluarkan bunyi “krek”. Hal ini terjadi karena hilangnya tulang lunak yang halus dan permukaan sendi yang menjadi kasar.