KRL Pondok Rajeg Lanjutkan Reaktivasi

Grahanusantar.co.id, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan reaktivasi Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor tetap berjalan meski di tengah masa pandemi.

Menurutnya, reaktivasi ini tidak hanya dilakukan di wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, tetapi juga dilakukan di seluruh wilayah aglomerasi seperti Jogja, Solo, Semarang, Surabaya dan wilayah lainnya.

“Ini adalah satu aktualisasi dari perintah Bapak Presiden bahwa meski di tengah pandemi, semua Kementerian/Lembaga harus melaksanakan kegiatan sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, saya memerintahkan kepada Dirjen Perkeretaapian dan Kepala BPTJ untuk melanjutkan reaktivasi stasiun, khususnya yang berada di kawasan aglomerasi,” ujarnya dalam siaran pers dikutip Kamis (12/8/2021).

Budi menjelaskan, reaktivasi seperti rel dan stasiun kereta api di kawasan aglomerasi menjadi penting dan harus konsisten dilakukan. Hal ini, juga menunjukkan bahwa pemerintah concern untuk menomorsatukan angkutan massal, terutama kereta api yang merupakan angkutan massal ramah lingkungan.

Selain itu, kata Budi, minat masyarakat di kawasan aglomerasi juga sangat tinggi untuk menggunakan kereta seperti KRL.

“Bayangkan satu hari penumpang KRL Jabodetabek bisa 1,2 juta orang. Kalau Stasiun Pondok Rajeg beroperasi kembali, angkutan ini akan semakin produktif dan diharapkan masyarakat bisa berpindah dari angkutan pribadi ke angkutan massal,” tuturnya.

Sebagai informasi, Stasiun Pondok Rajeg terletak di Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor dan termasuk dalam wilayah DAOP 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Stasiun tersebut dibangun pada awal 1997 dengan tujuan untuk kereta api angkutan penumpang (masih KRD 2 gerbong). Rutenya dari Stasiun Nambo langsung ke Manggarai dan tidak berhenti di lintas Jakarta-Bogor.

Stasiun ini dioperasikan pada 2000-2006 untuk KRD 2 Gerbong, dan sejak Juli 2015 dioperasikan untuk KRL namun tidak berhenti sampai sekarang ada 10 perjalanan KRL. Rute perjalanan yang melewati Stasiun Rajeg yaitu Nambo-Citayam- Manggarai-Angke dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.