Gedung Pusat Informasi Geopark Sigulatti, Tempat Wisata yang Rekomended

Grahanusantara.co.id, Samosir – Tak perlu bingung saat berlibur di Samosir, Kabupaten Aksara Batak Toba ini menjanjikan setiap wisatawan yang berlibur ke daerah yang satu ini. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa anda eksplore saat berlibur ke Samosir.

Di masa pandemi ini, nih rekomendasikan sebuah objek wisata yang dijamin akan sangat bermanfaat dan menyenangkan untuk Anda, yaitu Gedung Pusat Informasi Geopark Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mulamula.

Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba ini terletak di Desa Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 
Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba ini berada tepat di lereng Gunung Pusuk Buhit, di areal geosite Pusuk Buhit, yang merupakan salah satu dari 4 geosite di Samosir.

Sigulatti dalam sejarah Batak memiliki peran penting. Kampung ini dianggap sebagai perkampungan awal si Raja Batak, sehingga di lokasi ini juga dibangun perkampungan si Raja Batak.

Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba memiliki beberapa ruangan, diantaranya : ruang pengelola Geopark Kaldera Toba, meeting room, teater room, display room, dan resepsionis. Sedangkan Geosite Pusuk Buhit sendiri terdiri dari beberapa zona, antara lain zona edukasi, kultural, dan rekreasi.

Di sini, disajikan untuk juga ada wisata edukasi. Ya, karena di gedung Pusat Informasi Geopark tersedia sebuah ruangan audiovisual, dimana wisatawan dapat menonton sejarah terbentuknya Danau Toba serta pulau-pulau di tengahnya, termasuk Pulau Samosir.

Saat Anda menontonnya, seakan-akan Anda dibawa pada situasi saat peristiwa itu terjadi. Lighting, sound dan video sudah diatur sedemikian rupa untuk memberikan kesan yang tak terlupakan untuk Anda.

Selesai dari sini, Anda akan dibawa ke ruangan indoor videotron, dimana di sepanjang dinding-dinding gedung dipasang videotron yang menjelaskan dengan rinci tentang Geopark Kaldera Toba, baik itu tentang sejarah terbentuknya, geosite-nya serta objek wisata-nya.

Para wisatawan yang ingin berlibur ke Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba ini, anda boleh berkunjung kesini setiap hari, dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba tempat yang sangat recommended lah untuk kamu kunjungi bareng keluarga kamu dalam wisata edukasi. Menuju kemari gak jauh-jauh kok, hanya sekitar 12 Km dari pusat kota Pangururan, atau sekitar 15 menit. Jalannya juga mulus.  Sepanjang jalan menuju kemari, wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan.