WHO: Jangan Ada Negara yang ‘Sok’ Bisa Bebas Dari Virus Corona

Graha Nusantara – Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengingatkan agar negara-negara harus tetap siaga menghadapi virus corona atau yang di kenal dengan nama COVID-19. Tedros memberi peringatan agar jangan ada negara yang terlalu percaya diri bisa bebas dari ancaman virus ini.

“Jangan ada negara yang beranggapan tidak akan mendapatkan kasus. Ini bisa menjadi kesalahan yang fatal,” ujar Tedros pada temu media seperti yang kami dikutip dari Reuters, Jumat (28/2).

“Virus ini tidak menghormati batas antarnegara, tidak membedakan ras atau etnis, dan tidak memedulikan tingkat pendapatan atau perkembangan suatu negara,” lanjut Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain itu, Tedros juga menyebut ledakan kasus corona di Iran, Italia, dan Korea Selatan menunjukkan kemampuan penyebaran virus. Negara-negara yang belum atau baru melaporkan kasus diimbau agar bergerak cepat dan agresif untuk mencegah penyebaran virus ini.

“Semua negara harus siap untuk kasus pertama, kluster penyebaran pertama, dan bukti pertama penyebaran di antara komunitas. Harus ada langkah untuk semua skenario tersebut,” kata Tedros, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sejauh ini yang melaporkan kasus virus corona sudah mencapai lebih dari 83 ribu kasus yang terkonfirmasi dan sekitar 2.800 di antaranya telah meninggal dunia. Menurut WHO jumlah kasus corona virus belakangan ini lebih banyak datang dari luar China. (*)