Cara Merawat Laptop Agar Awet

Grahanusantara.co.id – Di masa pandemi seperti saat ini, laptop merupakan gadget yang utama dan dipakai sehari-hari. Baik itu buat kamu yang merupakan remote worker ataupun pelajar yang mengikuti sistem belajar daring atau kuliah online. Mengingat betapa pentingnya laptop dalam melakukan aktivitas sehari-hari, maka kamu wajib menjaga dan merawatnya dengan baik.

Berikutel rangkuman tips merawat laptop yang dipakai nonstop setiap hari, yakni sebagai berikut:

Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur/Karpet

Cara merawat laptop yang pertama adalah tidak menggunakan laptop di atas kasur atau karpet. Sebab hal ini sering dilakukan saat sedang menggunakan laptop sambil rebahan atau santai. Padahal cara ini bisa bikin sirkulasi udara di dalam laptop terhambat. Akibatnya, laptop bisa terlalu panas dan membuat laptop rusak.

Tak hanya itu, menempatkan laptop di atas kasur atau karpet secara langsung atau tanpa penyangga lain, rentan membuat debu atau benang-benang halus masuk ke dalam laptop. Hal ini membuat laptop cepat kotor dan membuat kinerja laptop jadi lebih berat. Jadi jangan lupa untuk terapkan tips laptop awet yang ini ya.

Perhatikan Suhu Laptop

Cara merawat laptop yang kedua adalah dengan memperhatikan suhu laptop. Jika laptopmu sudah terlalu panas hingga terasa sakit saat mengenai kulit tangan, maka hal itu berarti kamu harus mengistirahatkan laptop sejenak.

Oleh sebab itu, tips laptop awet adalah menggunakan laptop tidak terlalu lama dan usahakan berada di tempat yang dingin agar suhu laptop terus terjaga. Sehingga kinerja laptop tetap bisa optimal dan nyaman dipakai.

Rajin Bersihkan Laptop

Cara merawat laptop selanjutnya adalah rajin membersihkan laptop. Hal ini bisa mencegah debu-debu yang menempel di bagian luar laptop masuk ke bagian dalam. Sebab jika sudah masuk ke dalam bisa menghambat kinerja berbagai perangkat penting laptop. Jadi tips laptop awet adalah dengan membersihkan LCD, keyboard, dan bagian luar laptop secara berkala.

Hindari Hal Ini Agar Laptop Awet

Jangan Langsung Tutup Laptop Setelah Digunakan

Cara merawat laptop yang keempat adalah tidak langsung tutup laptop setelah digunakan. Sebab hal itu bisa bikin udara panas yang tersisa setelah penggunaan laptop terperangkap di dalam perangkat. Akibatnya suhunya bisa panas dan merusak LCD-mu. Jadi untuk menghindari laptop rusak, maka tetap buka LCD laptop jika setelah digunakan hingga laptop dingin kembali.

Jangan Tunggu Sampai Baterai Benar-benar Kosong

Cara merawat laptop yang ketiga adalah tidak menunggu baterai laptop sampai benar-benar kosong saat mengisi daya. Sebab, jika kamu terlalu sering membiarkan baterai laptop sampai benar-benar habis, maka bisa memperpendek usia baterai. Akibatnya, kamu tidak bisa menggunakan laptop jika mati lampu atau tidak ada colokan listrik.

Jadi tips laptop awet adalah mengisi ulang daya baterai saat daya belum benar-benar habis. Isi lah hingga penuh dan lepas charger saat daya sudah penuh agar tak merusak baterai, kecuali jika baterai sudah memiliki fitur auto cut-off. Auto cut-off berperan untuk memutus arus listrik ke baterai jika kondisi baterai sudah penuh.

Itulah 5 tips mudah merawat laptop yang dipakai nonstop tiap hari agar tetap awet. Selamat mencoba.