Sentuh Wilayah Timur Tengah, Wapres Iran Terinfeksi Corona

Graha Nusantara – Virus corona semakin menyebar hingga merebab ke Timur Tengah, 254 orang di Iran sudah terinfeksi termasuk Mashoumeh Ebtekar selaku Wakil Presiden Iran Urusan Wanita dan Keluarga.

Hingga saat ini sudah 26 orang tewas akibat virus corona, angka kematian tersebut menjadi jumlah tertinggi kematian diluar negara China. Dikutip dari Associated Press, Kamis (27/2/20).

Sementara itu, terkait Ebtekar, seperti dilansir AlArabiya, Wapres Iran itu merupakan anggota kabinet Presiden Iran Hassan Rouahani yang pertama positif terinfeksi corona.

Untuk diketahui, Iran memiliki beberapa wakil presiden untuk mengurus kabinet Presiden. Wakil Presiden Pertama yakni Eshaq Jahangiri, kemudian Wakil Presiden untuk Urusan Parlemen Hossein Ali Amiri, Wakil Presiden untuk Urusan Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar, Wakil Presiden untuk Urusan Hukum, Laya Jonaidi, dan Wakil Presiden untuk Urusan Ekonomi Mohammad Nahavandian. 

Ketua Komite Keamanan dan Urusan Luar Negeri Parlemen Iran, Mojtaba Zolnour mengumumkan dalam sebuah video bahwa ia juga telah terinfeksi penyakit itu. Dua pejabat Iran lainnya -Anggota Parlemen Mahmoud Sadeghi dan Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi- sebelumnya juga telah mengonfirmasi bahwa mereka telah terjangkit virus asal Kota Wuhan, China tersebut.

Media pemerintah juga melaporkan pada hari Kamis bahwa ulama Iran Hadi Khosroshahi meninggal karena virus corona di Qom. Khosroshahi menjabat sebagai duta besar Iran untuk Vatikan setelah revolusi 1979.