Menhub Tinjau Langsung Layanan Logistik Dimasa PPKM Darurat

Grahanusantara.co.id, Tangerang – Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) meninjau pergerakan angkutan logistik di terminal kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang Banten, Jumat 16 Juli 2021.

Hal ini dilakukan dengan maksud, memastikan pergerakan angkutan barang atau kargo tetap lancar di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat.

“Alhamdulillah di tengah adanya pembatasan mobilitas masyarakat pada masa PPKM Darurat ini, layanan angkutan logistik tetap berjalan lancar,” jelas Budi dikutip dari siaran persnya, Sabtu (17/7/2021).

Menurut dia, Kemenhub berkomitmen untuk terus menjaga angkutan barang dan logistik tetap berjalan dengan lancar di tengah pandemi Covid-19. Kelancaran angkutan barang/logistik ini diharapkan dapat menjaga ketersediaan logistik nasional, khususnya kebutuhan dasar dan penting bagi masyarakat.

Budi berharap tak terganggunya pengiriman logistik dapat mengurangi beban maskapai yang mengalami penurunan angkutan penumpang regular, akibat kebijakan PPKM Darurat yang berlaku 3-20 Juli 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Karya juga melakukan pengecekan layanan vaksinasi di terminal 3 Bandara Soetta yang digelar oleh PT. Angkasa Pura II. Menurut dia, pelayanan vaksinasi di terminal 3 harus berjalan dengan baik sebab menjadi salah satu syarat perjalanan transportasi udara di masa PPKM Darurat.

Seperti diketahui, di masa PPKM Darurat, salah satu syarat pelaku perjalanan transportasi udara adalah wajib memiliki sertifikat vaksin (minimal dosis pertama) untuk penerbangan di wilayah Jawa dan Bali.

Dengan adanya layanan vaksinasi di terminal 3 Bandara Soetta, diharapkan dapat membantu memfasilitasi penumpang udara yang belum pernah melakukan vaksin, dan sekaligus mendukung percepatan distribusi vaksin nasional yang sedang digencarkan Pemerintah.

“Saya mengapresiasi AP II yang telah dengan baik memfasilitasi vaksinasi bagi para penumpang pesawat udara,” ujar Budi.

Beroperasi Tiap Hari

Layanan vaksinasi di terminal 3 Bandara Soetta beroperasi setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak moda transportasi untuk menjadikan simpul-simpul transportasi seperti Bandara, Terminal, Pelabuhan dan Stasiun menjadi sentra vaksinasi.

Di Bandara, AP I menyiapkan fasilitas vaksinasi di 15 bandara, sementara AP II menyiapkam fasilitas vaksinasi di 16 bandara.

Selain di bandara, penyediaan layanan vaksinasi juga dilakukan di 10 Stasiun KA Jarak Jauh yang diselenggarakan oleh PT. KAI. Kemudian, PT Pelni menyediakan fasilitas vaksinasi di 4 (empat) pelabuhan. Selain itu, Ditjen Perhubungan Darat juga membuka layanan vaksinasi di 12 terminal tipe A di Provinsi Jawa dan Bali.