Beberapa Tips Baik Untuk Pilih Hewan Kurban yang Terbaik

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Tidak lama lagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia akan merayakan hari raya Idul Adha. Maka, sudah sepantasnya sebagai umat Islam melakukan kurban sebagaimana yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam.

Pastinya, akan ada banyak para pedagang hewan kurban, baik di pinggir jalan ataupun peternakan yang memajang hewan kurban. Dengan banyaknya penjual hewan kurban yang ada, pastinya kamu perlu siap dan tahu bagaimana cara memilih hewan kurban yang baik dan benar.

Berikut cara memilih hewan kurban yang baik benar:
1. Jenis Hewan Kurban
Cara memilih hewan kurban yang baik dan benar pertama adalah memperhatikan jenis hewan kurban tersebut. Tips memilih hewan kurban yang pertama adalah pastikan kamu membeli hewan ternak yang lebih baik. Seperti, unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau.

Pasti, jenis-jenis hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan. Maka, tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah harus hewan ternak.

2. Usia Hewan Kurban
Cara memilih hewan kurban yang baik dan benar yang berikutnya dengan memerhatikan usia dari hewan kurban tersebut. Untuk kambing dan domba usia cukupnya adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau adalah 22 bulan.

Cara mudah untuk kamu yang ingin mengetahui usia hewan kurban adalah mengecek gigi hewan tersebut. Jika usianya sudah cukup untuk disembelih, giginya pasti sudah berganti atau tanggal (dua gigi susu di depan).

3. Hewan Kurban Tidak Ada Cacat
Cara hewan kurban yang baik dan selanjutnya memastikan hewan kurban tidak memilih memilih. kurban yang mengalami hewan akan membuat kurban tidak sah.

Anggaplah hewan kurban ada yang buta atau benar-benar tak bisa melihat, sakit, pincang, dan sangat kurus sampai sumsu tulangnya tidak ada. Jika tidak sah, itu berarti hewan kurban yang tergolong di atas hanya memiliki status daging biasa bukan menjadi kurban.

4. Pilih Hewan yang Sehat
Cara memilih hewan kurban yang baik dan benar berikutnya dengan memilih hewan kurban yang sehat. Pastikan cerah dan tidak cerah. Kemudian, pada bagian hidung terlihat basah dan terlihat, bulunya bersih dan tidak kusam. Hewan-hewan ternak tersebut pun tidak demam, tidak lemas, diare, hingga tidak nafsu makan.

Cek juga napas dan detak jantungnya yang normal, serta nafsu makannya pun normal. Selain itu, lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda.

5. Nafsu Makan yang Baik
Sapi kurban atau hewan kurban yang sehat sudah pasti memiliki nafsu makan yang baik. Lebih baik lagi jika Anda menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.

Hewan kurban yang memiliki nafsu makan yang baik pasti badannya gemuk, warna kulitnya cerah dan mengkilat. Kemudian, moncongnya pun kering tanpa ingus serta gelambir bagian lehernya kempis.

6. Sesuaikan dengan Dana Pribadi
Cara Memilih hewan kurban yang baik dan benar yang terakhir adalah sesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Pada dasarnya, membeli hewan kurban suatu keharusan, suatu keterpakksaan, namun kerelaan bagi yang mampu.

Tak cuma itu, pembagian daging hewan kurban juga Dalam aturan pembagian islam dibagi tiga, yakni 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 sisanya dihadiahkan kepada orang lain.