oleh

Cegah Corona PMI Bagikan 1 Juta Masker

Graha Nusantara – Indonesia sampai saat ini terbukti sebagai negara yang terbebas dari virus corona. Walau begitu, upaya-upaya pencegahan tetap dilakukan oleh Pemerintah dan pihak lainnya.

Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam hal kesehatan pun terus berupaya melakukan pencegahan terhadap virus corona, dengan membagikan 1jt masker pada masyarakat.

Tokoh nasional Jusuf Kalla, yang juga ketua PMI mengatakan bahwa potensi virus corona di Indonesia bisa saja ada, maka pencegahan tetap perlu dilakukan.

“Ini guna antisipasi kalau virus corona masuk ke Indonesia, tetapi mudah-mudahan tidak ya. Jadi kita mempersiapkan yang terjelek karena penduduk kita begitu banyak dan komunitas kita begitu padat, sehingga potensi apabila itu sampai ada, penyebarannya cepat karena sama dengan china penduduknya besar,” ujar Mantan Wakil Presiden Jusuf Kallah di Markas Pusat PMI, Jakarta, Selasa, (25/2/2020).

Tentunya apabila sudah terkumpul akan segera didistribusikan di daerah yang berpotensi terdampak virus corona, antara lain Batam, Manado, Jawa,Sumatera, Kalimantan Utara dan daerah lain di Indonesia.

Meski kampanye ini baru saja dilakuan, tetapi setidaknya PMI sendiri memiliki persediaan masker di gudang logistiknya. Hal tersebut seperti yang diucapkan oleh Jusuf Kalla, persediaan masker di PMI sendiri hanya sebanyak beberapa ratus saja karena sebelumnya sudah dikirimkan ke Hong Kong, Natuna, dan daerah-daerah lainnya.

Apabila nantinya sudah terkumpul sebanyak 1 juta boks masker dan tetap dinyatakan bahwa tidak adanya kasus virus corona di Indonesia sampai terciptanya vaksin untuk mencegah virus corona, maka masker tersebut memiliki banyak kegunaan, menurut Ketua Umum PMI.

“Jadi ada nggak ada virus corona, masker ini tetap dibutuhkan. Tetap aja itu (masker) tahan lama. Masker bisa tahan 3-4 tahun,” tandasnya.