Jokowi Bicara Soal Gelar Kehormatan Megawati

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar pujian kepada Megawati Soekarnoputri yang telah resmi dikukuhkan menjadi profesor kehormatan Universitas Pertahanan (Unhan). Salah satunya terkait kiprah Megawati memperjuangkan wong cilik selama memimpin negeri.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan lewat sebuah tayangan video di acara pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati, Jumat (11/6/2021). Jokowi mulanya mengucapkan selamat kepada Megawati atas gelar profesor kehormatan dari Unhan.

“Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia,” kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat sebuah tayangan video, Jumat (11/6/2021).

“Itu artinya Unhan akan memperoleh arahan, inspirasi, dan bahkan perkuliahan dari Ibu Mega. Untuk pendidikan dan penelitian kepemimpinan strategis yang menjadi kebutuhan dasar dalam mengawal perubahan strategis bagi kemajuan Indonesia,” sambungnya.

Menurut Jokowi, keputusan Unhan memberikan gelar profesor terhadap Megawati tepat. Sosok Megawati, menurut Jokowi, sudah teruji dalam mereformasi pemerintahan di Indonesia.

“Keputusan Unhan ini sangat tepat, Ibu Megawati Soekarnoputri merupakan seorang pemimpin strategis yang telah dicatat sejarah sebagai seorang pemimpin yang berperan besar dalam mendorong dan mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintah di Indonesia,” ujar Jokowi.

“Keteguhan dan konstitusi beliau sudah teruji dalam memperjuangkan nasib wong cilik dalam memperjuangkan demokrasi dan hak-hak rakyat serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara,” ucapnya.