oleh

Cara Kompres Video di PC Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Graha Nusantara – Memperkecil ukuran video (kompres) adalah hal yang dilakukan setelah proses editing. Seperti yang kita ketahui bersama, video merupakan jenis file multimedia yang memiliki ukuran terbesar ketimbang file lainnya.

Bagi para Youtuber maupun Vlogger, mengecilkan ukuran video sebelum menguploadnya ke Youtube merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bayangkan saja jika kita mengupload video dengan ukuran file yang besar (berGB-GB), tidak hanya boros kuota, kita tentu juga akan menghabiskan waktu kita, iya kan,

Biar tidak terlalu lama, mimin akanmencoba memeberikan sebuah tutorial, untuk memperkecil video yang telah anda buat, caranya sebagai berikut.

  • Pertama-tama anda harus mendownload aplikasinya, nama aplikasi Handbrake silahkan anda masuk ke webnya aslinya, dan install seperti biasa yah. Hehe
  • Buka aplikasinya dan klik tombol Open Source untuk menambahkan file video yang ingin anda ubah ukurannya, posisinya ada di pojok kiri atas.
  • Cari video yang mau anda edit.
  • Selanjutnya anda masuk ke bagian yang paling penting sebagai penentu besar atau kecilnya ukuran video setelah dikonversi. Pada tab Video, atur Video Encoder ke H.264 (x264)
  • Pada tab Dimensions  anda dapat mengubah resolusi, cropping, dan aspect ratio, video anda. Namun, Agar kualitas video anda tidak berubah, mimin sarankan untuk tidak mengubah settingan ini.
  • Selanjutnya, anda masuk ke Summary, dan diatur sesuka anda, setelah selesai diatur, silahkan klik start untuk memulai proses kompresnya.
  • Setelah prosesnya selesai, silahkan lihat hasilnya

Itulah ulasan singkat yang bisa anda praktekan di rumah, jika anda kurang faham, silahkan komentar di bawah. (*)