Tokopedia Berhasil Kumpulkan Zakat dan Wakaf Hingga 13M

Grahanusantara.co.id, Jakarta – Platform Tokopedia berhasil mencatat adanya peningkatan transaksi di beberapa kategori dan fitur layanan selama Ramadhan 2021.

Hal ini tentunya tak lepas dari tingginya antusiasme masyarakat dalam memenuhi kebutuhan saat Ramadhan melalui Tokopedia.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya pun mengungkapkan dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan, tak sedikit pengguna Tokopedia mengandalkan jasa pengiriman same day atau instant.

“Data internal kami menyebutkan bahwa pengiriman same-day atau instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan. Jika diakumulasi, pengguna bahkan dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24.000 tahun berkat layanan ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/5/2021).

Soal peningkatan transaksi, Ekhel menyebut terdapat tiga kategori produk yang paling diminati selama Ramadhan di Tokopedia. Ketiga kategori tersebut antara lain Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, serta Fashion.

“Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir 4x lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” terang Ekhel.

Selain itu, tingginya antusias masyarakat dalam berkirim parsel juga meningkatkan transaksi parsel lebih dari 3 kali lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung.

Adapun lonjakan ini membuat seorang kasir membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual lewat Tokopedia. Secara umum, lebih dari 100.000 produk berbeda terjual dalam 1 jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021.

Selama Ramadhan, Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui layanan Tokopedia Salam. Salah satu pemilik usaha makanan halal, Rendang Den Lapeh turut mencatat peningkatan transaksi hampir 6 kali lipat selama Ramadan 2021, jika dibandingkan Ramadan 2020.

Ekhel menjelaskan kemudahan ini merupakan hasil kolaborasi Tokopedia bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Tak hanya itu, Tokopedia mengungkap adanya peningkatan masyarakat dalam berbagi. Hal ini terlihat dari jumlah total zakat, zonasi dan wakaf pada platform Tokopedia yang mencapai Rp 13 miliar. Peningkatan juga terjadi pada beberapa fitur di Tokopedia Salam seperti fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat.

“Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12x lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35x lipat,” jelas Ekhel.

Sepanjang Ramadhan, Tokopedia juga menghadirkan hiburan bagi masyarakat melalui Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra yang diselenggarakan pada 23 April 2021. Acara ini diisi oleh penampilan artis nasional seperti Iwan Fals, NOAH, Afgan serta artis internasional seperti The Boyz dan brand ambassador Tokopedia, BTS.

Berdasarkan data Tokopedia, Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra telah disaksikan oleh setengah dari penonton TV di seluruh Indonesia.

“Data internal kami juga menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih dari 600.000 pesawat untuk mengangkut jumlah pengunjung Tokopedia di bulan Ramadan 2021,” tutup Ekhel.